Search

Ini Dia Superhero Asli Indonesia

BABEBOLA tokoh pendekar, dunia hiburan Indonesia juga mengenal sederet tokoh superhero yang ada di film maupun komik. Berikut ini di antaranya:

1. Godam Manusia Besi (1969) 



Godam ibaratnya adalah Supermannya Indonesia. Sebutannya saja Godam Manusia Besi. Karakter Godam diciptakan oleh Wid NS (Widodo Nur Slamet) pada 1969. Godam bukan makhluk asli Bumi, dia berasal dari negeri yang bernama Godam dari dimensi lain. Dia juga merupakan seorang putra bangsawan di negeri Godam.

2. Caroq (1992)

Nama super hero ini adalah Caroq, sedangkan nama aslinya adalah Ongko, pekerjaannya adalah sopir taksi. Kemampuan yang dimiliki Caroq antara lain ahli dalam bela diri dengan kekuatan magis dan sangat gesit. Senjata yang digunakannya berupa dua buah celurit panjang. Penciptanya adalah Ahmad Thoriq. Caroq sempat booming di tahun 90an.

3. Gundala Putra Petir (1969)

Karakter atau Tokoh Komik Gundala diciptakan oleh Hasmi pada 1969. Komik Gundala pertama kali terbit dengan judul Gundala Putra Petir. Setting ceritanya sering digambarkan di kota Yogyakarta. Tetapi dalam filmnya yang dibuat di tahun 1982, seting ceritanya berada di Jakarta.

4. Sembrani (1974)

Tokoh Komik superhero yang bernama Sembrani ini juga merupakan ciptaan Hasmi pada 1974. Kalau di Jawa ada istilah “wesi berani” atau besi berani alias magnet. Sepertinya itulah asal kata Sembrani. Superhero ini mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan magnet. Sembrani pertama kali muncul dalam serial Gundala 1000 Pendekar.

5. Aquanus (1968)

Selain menciptakan Godam Manusia Besi, Wid NS juga menciptakan karakter superhero yang bernama Aquanus. Nama Aquanus berasal dari kata Aqua yang artinya air, dan Nus dari kata Dhanus. Dhanus adalah nama seorang anak dari planet Zyba. Bangsa Zyba adalah bangsa yang mampu hidup di darat dan di air, sehingga Dhanus yang merupakan keturunan bangsa Zyba dapat bermain-main sampai ke dasar laut.

6. Pangeran Mlaar (1969)

Tokoh ini diciptakan oleh Hasmi yang juga menciptakan Gundala Putra Petir. Mlaar adalah Putra Mahkota kerajaan di planet Covox. Namun Kerajaan tersebut telah dikuasai oleh Menteri Telern dan Putri Kepala Perak yang berkhianat pada kerajaan. Setelah ayahnya terbunuh dan terjadi pemberontakan, Mlaar diselamatkan oleh pamannya. Berkat paman yang juga seorang ilmuwan itu, Mlaar bisa mempunyai kekuatan yang dapat melar atau elastis sampai batasan tertentu.

7. Kalong (1972)

Kalong atau Calong adalah tokoh komik ciptaan Hasmi yang muncul pertama kali pada 1972 dalam judul Calong Anak Kelelawar. Ceritanya kurang lebih tentang seorang anak yang mempunyai kemampuan khusus, yaitu dapat terbang, kebal terhadap senjata, dan dari ujung jarinya dapat memancarkan sinar pemaham (sinar kejujuran). Sinar yang dapat membuat hewan dapat mengerti bahasa manusia dan dapat berbicara untuk memberikan keterangan yang jujur.

8. Jin Kartubi (1968)

Jin Kartubi memiliki badan besar seperti raksasa, memiliki kekebalan super, dan bisa terbang. Dia adalah sebangsa Jin yang tunduk dan patuh terhadap majikannya yang bernama Maza. Saat membutuhkan bantuan Jin Kartubi, Maza tinggal menggosok pisau belatinya, maka Kartubi akan muncul dengan tertawa terbahak-bahak. Karakter tokoh komik ini juga diciptakan oleh Hasmi pada 1968.

9. Zantoro

Siluman Belati, begitulah julukan untuk superhero satu ini. Namanya Zantoro, ahli dalam membuat senjata tajam. Selain itu dia juga ahli dalam memainkan senjata-senjata yang telah dibuatnya seperti golok, pedang, berbagai jenis belati dan sebagainya. Meskipun berasal dari keluarga broken home hal itu tidak menjadikan Zantoro menjadi anak nakal dan berlaku negatif. Tetapi ia malah menjadi superhero yang sangat benci dengan tindak kriminal atau kejahatan.

 

 

 

sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment