Search

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi dunia

BabeBola – Laporan tahunan Global Prosperity Index yang dikeluarkan oleh lembaga riset The Legatum Institute memperlihatkan kondisi kesejahteraan di 149 negara di dunia. Salah satu faktor untuk mengukur kesejahteraan sebuah negara adalah dengan melihat kestabilan ekonomi di negara tersebut.

The Legatum Institute mengukur stabilitas ekonomi tidak hanya dengan melihat ukuran dan kekuatannya. Efisiensi sektor keuangan, keterbukaan, hingga kesempatan ekonomi yang dapat didapat oleh warga negara juga menjadi faktor yang dipertimbangkan.

Berikut daftar negara dengan stabilitas ekonomi terbaik di dunia menurut daftar Prosperity Index 2017 seperti dilansir dari prosperity.com, Sabtu (6/1/2018)

10. Amerika Serikat

Skor: 76,05

Amerika Serikat memiliki pengaruh penting dalam sejarah perekonomian dunia. Bahkan pengaruhnya yang menyeluruh di muka bumi menjadikan Amerika Serikat sebagai negara yang menjadi panutan bagi negara lain khususnya dalam hal pembangunan sistem perekonomian.

9. Jerman

Skor: 76,16

Jerman menjadi negara pengekspor terbesar di dunia dengan pengiriman bahan ekspor lebih dari US$ 1 triliun setiap tahun. Negara ini juga menjadi kunci pertumbuhan perekonomian lain di negara Eropa.

8. Norwegia

Skor: 76,58

Ekonomi Norwegia secara umum dikarakterisasikan sebagai ekonomi campuran. Ekonomi pasar kapitalis dengan komponen pengaruh yang jelas. Seperti yang terjadi di negara-negara lain di Eropa Barat, ekspansi kebanyakan industri di Norwegia secara umum diatur oleh hak properti swasta dan sektor swasta. Namun, beberapa kegiatan industri juga dimiliki atau dijalankan oleh negara.

 

7. Inggris

7. Inggris

Skor: 76,62

Ekonomi Inggris diperkirakan akan menyalip Prancis tahun 2020 untuk menjadi ekonomi terbesar kedua di Eropa, menurut perkiraan perusahaan konsultan PwC. PwC mengatakan ekonomi Inggris didukung oleh kekuatan dari pound terhadap dolar dibandingkan dengan euro dan juga dengan menurunnya tingkat pengangguran.

6. Swiss

Skor: 77,18

Penduduk swiss didapuk sebagai warga dengan kekayaan terbesar di dunia. Perekonomian negara ini ditopang dari perusahaan jasa keuangan yang baik.

5. Denmark

Skor: 78,08

PDB negara ini mencapai lebih dari US$ 300 miliar. Tingginya nilai PDB tersebut membuat Denmark masuk menjadi negara dengan perekonomian terbaik di dunia.

 

4. Belanda

4. Belanda

Skor: 78,11

Walau hanya memiliki 17 juta penduduk, Belanda berhasil menduduki peringkat keempat sebagai negara dengan kestabilan ekonomi terbaik di dunia. Konsep pasar saham yang banyak dikenal oleh masyarakat dunia pertama kali diperkenalkan di Belanda.

3. Selandia Baru

Skor: 78,11

Perekonomian negara ini ditopang dari kesuksesan industri susu dan peternakan.

 

2. Singapura

2. Singapura

Skor: 78,49

Pertumbuhan ekonomi Singapura mencapai 3,5 persen sepanjang tahun 2017. Angka tersebut lebih dari dua kali lipat lebih tinggi ketimbang proyeksi pemerintah.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong menyatakan, Singapura fokus pada restrukturisasi ekonomi dan proyek-proyek infrastruktur, seperti pembangunan terminal kelima di Bandara Changi.

Namun, pada saat yang sama Singapura juga mempersiapkan diri untuk populasi yang menua dengan meninjau kembali kebijakan layanan kesehatan.

1. Swedia

Skor: 79,06

Peringkat pertama ditempati oleh Swedia. Perekonomian negara ini memiliki sistem campuran berbasis ekspor. Kayu, tenaga air dan bijih besi adalah sumber daya alam utama.

Sektor rekayasa di Swedia menyumbang 50 persen keluaran dan ekspor. Sedangkan telekomunikasi, otomotif, dan farmasi juga sangat penting dalam mendukung perekonomian negara ini.

Written by 

Related posts

Leave a Comment