Search

19 Kata yang Hanya Dimengerti oleh Karyawan Google

BABEBOLA – Sejumlah perusahaan memiliki kosa kata atau kata unik untuk menggambarkan beberapa hal. Tujuannya mungkin beragam. Mulai dari menciptakan ciri khas sendiri, menciptakan suasana agar tidak terlalu formal, hingga mempersingkat pengucapan.

Hal tersebut juga diterapkan pada Google. Perusahaan yang besar dengan mesin pencarinya itu memiliki kosa kata rahasia yang hanya bisa dipahami oleh mereka yang bekerja di lingkungan Google.

Kali ini, KompasTekno akan mengulas 19 kosa kata rahasia yang sering digunakan oleh karyawan Google beserta artinya, seperti dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Jumat (26/1/2018). Apa saja? berikut daftarnya.

1. Plex

Di Indonesia, kata “Plex” mungkin sering diasosiasikan oleh bioskop sperti “cineplex”. Namun bagi karyawan Google, kata ini memiliki arti lain.

Plex merupakan sebutan untuk kantor pusat Google, Googleplex yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat. Karena terlalu panjang, karyawan Google kemudian menyingkatnya menjadi Plex.

2. GBike

Sekilas namanya  mungkin hampir mirip dengan salah satu layanan perusahaan ridesharing asal Malaysia, Grab Bike. Namun, GBike yang dikenal oleh karyawan Google adalah sepeda aneka warna yang tersedia di area perusahaan tersebut.

GBike menjadi moda transportasi resmi yang disediakan oleh Google seluruh dunia untuk berpindah gedung. Mereka dapat digunakan secara gratis selama penggunaan masih dalam kompleks kantor Google. Gbike tidak diperbolehkan dipakai ketika berada di luar kompleks.

3. Stan

Stan, yang dikenal oleh karyawan Google, bukanlah gerai seperti yang diketahui banyak orang. Stan merupakan sebuah patung yang berbentuk kerangka T-Rex yang terletak di salah satu sudut markas Google.

Lantas, mengapa ada patung kerangka dinosaurus di sana? Ternyata, patung tersebut sengaja diletakkan untuk mengingatkan perusahaan agar tidak seperti dinosaurus. Pernah eksis zaman dahulu, tapi sekarang hanya tinggal fosil.

Kerangka T-Rex di kantor pusat Google di kawasan Silicon Valley, Amerika Serikat.
Kerangka T-Rex di kantor pusat Google di kawasan Silicon Valley, Amerika Serikat.(Dug Song/Flickr)

4. Noogler

Karyawan Google biasa disebut Googlers. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk karyawan yang baru bergabung.

Di Google, sang “anak baru” disebut dengan Noogler. Tidak hanya sampai di situ, para Noogler ini biasanya mudah untuk dikenal. Sebab selama masa orientasi mereka mengenakan sebuah topi warna-warni yang dilengkapi dengan baling-baling sebagai penanda.

5. TGIF

Idiom dikenal sebagai singkatan “Thanks God Its Friday”. Biasanya ini merupakan ungkapan gembira menjelang akhir pekan.

Namun di Google, istilah TGIF dikenal untuk menyebut rapat rutin yang digelar di seluruh kantor Google di seluruh dunia pada hari Kamis.

Rapat ini diikuti oleh seluruh karyawan Google tanpa kecuali. Termasuk para Noogler yang baru menerima topi mereka.

6. Googlegeist

Meskipun sebutannya hampir mirip dengan poltergeist, kata slang ini sama sekali tidak berkaitan dengan kegiatan supranatural. Kata ini digunakan untuk kegiatan tahunan yang dilakukan oleh karyawan Google dalam menilai atasan mereka atau suasana kantor.

Biasanya, karyawan perusahaan lain malas mengisi survei jenis ini. Namun di Google, sekitar 90 persen karyawan berkontribusi mengisi survei ini setiap tahunnya.

7. GUTS

Beberapa orang mungkin mengernyitkan kening ketika pertama kali mendengar kata ini. Namun di Google, kata ini adalah sebuah istilah yang lazim ditemui.

GUTS adalah akronim dari Google Universal Ticketing Systems. Sistem ini menampung formulir yang diajukan karyawan Google yang berisi permasalahan yang bisa dilacak perusahaan. Kasarannya Guts serupa dengan sistem internal 911 ala Google.

8. Gayglers

Google dikenal sebagai perusahaan yang dihuni oleh beragam jenis manusia. Termasuk kaum marjinal seperti gay dan lesbian. Mereka juga memberi dukungan terhadap kaum LGBT.

Google memiliki komunitas yang beranggotakan karyawan gay/lesbian maupun pendukung LGBT. Mereka dimakan Gaylers.

9. Greyglers

Selain Gayglers, Google juga punya sebutan untuk karyawan berusia di atas 40 tahun. Mereka disebut Greyglers.

Kata ini diambil dari warna abu abu (grey) yang selama ini identik dengan warna rambut orang berusia lanjut.

10. Xoogler

Karyawan Google yang meninggalkan perusahaan karena berbagai sebab dijuluki Xoogler (dibaca Zoogler). Xoogler adalah singkatan dari eks-Googler.

Seperti Google, Xoogler juga memiliki situs web sendiri, yakni xoogler.co sebagai wadah berkumpulnya alumni Google.

Salah satu gedung di kantor pusat Google, Mountain View, California.Salah satu gedung di kantor pusat Google, Mountain View, California.

Salah satu gedung di kantor pusat Google, Mountain View, California.

11. Jewglers

Sebutan ini bukan diberikan pada karyawan yang berkeyakinan Yahudi. Jewglers merupakan sebuah makanan kudapan manis yang biasa tersedia di markas Google.

Selain manis, Jewglers makin menarik lantaran warnanya disesuaikan dengan logo warna Google, yakni biru, hijau, merah, dan kuning.

12. Brewgler

Para karyawan yang menyukai minuman bir tergabung dalam kelompok bernama Brewgler. Mereka biasanya saling memberi rekomendasi kedai bir atau bahkan minum bersama-sama.

13. Fixlts

Fixlts adalah istilah yang digunakan saat engineer Google berhasil menyelesaikan permasalahan teknis mereka.

14. Tech Stop

Jika mengalami gangguan jaringan seperti internet lemot atau komputer bermasalah, tim IT selalu pasang badan. Di Google, tim IT di sana dikenal dengan nama Tech Stop.

Mereka selalu siap memperbaiki masalah pada komputer milik karyawan Google. Sebagai pegawai IT di Google, tentunya standar IT di sana sangatlah tinggi.

15. 20 Percent Time

Google dikenal sebagai sebuah perusahan yang cukup menyenangkan. Mereka bahkan  mengizinkan karyawannya untuk menghabiskan 20 persen waktu mereka untuk mengerjakan proyek lain di luar pekerjaan utamanya. Kegiatan ini dinamakan 29 Percent Time.

Pada waktu-waktu tersebut, karyawan Google bisa menciptakan produk-produk baru yang sukses mengubah dunia.  Hal tersebut terbukti efektif. Sebab, sejumlah fitur unggulan, seperti Gmail, Google News, serta AdSense lahir dari hasil 20 percent time.

16. Perf

Kata ini tidak ada hubungannya dengan pervert atau mesum. Perf dalam Google merupakan istilah hasil penilaian performa karyawan selama setahun belakangan.

Perf menentukan apakah seorang Googler berhasil atau tak berhasil mencapai target selama setahun.

17. Dogfood

Dogfood di Google bukanlah makanan untuk Doogler. Namun merupakan sebutan untuk versi software yang masih dalam tahap pengujian internal.

Istilah ini berasal dari sebuah cerita sales menjajal makanan anjing yang dijualnya untuk mendemonstrasikan kualitas makanan tersebut.

18. Doogler

Google mengizinkan karyawan Google membawa binatang peliharaan mereka ke area kantor. Binatang paling banyak dibawa ke Googleplex ternyata adalah anjing. Karenanya, baik karyawan maupun anjing yang dibawa biasanya disebut Doogler.

19. Memegen

Meme merupakan sarana komunikasi baru yang dilontarkan melalui sebuah lelucon berupa gambar.

Google memiliki meme generator sendiri yang disebut dengan Memegen. Memegen digunakan oleh karyawan untuk saling berbagi lelucon di kalangan internal perusahaan.

Written by 

Related posts

Leave a Comment