Search

3 Pelajar SMK Otaki Pembobolan 7 Sekolah

BABEBOLA– Tiga pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan diduga sebagai otak pembobolan tujuh sekolah. Mereka diamankan jajaran Polres Tanah Laut bersama tiga pelaku lainnya setelah menjalankan aksinya sepanjang bulan September dan Oktober 2017.

Ketiga pelajar SMK dan tiga tersangka lainnya diamankan tim gabungan Polres Tala dan Polsek Pelaihari pada Rabu 1 November 2017 di tempat berbeda. Petugas juga mengamankan beberapa barang elektronik yang sudah dijual para pelaku di sebuah servis dan penjualan komputer di Banjarmasin dan di Sarang Halang, Pelaihari.

Pada gelar kasus yang berlangsung di Mapolres Tala, Rabu (8/11/2017) petugas hanya menghadirkan Wahyu Romadon (WR), Pandu At Thayyib (PAT) dan Dedy Kurniawan (DK), ketiganya warga Kecamatan Jorong, Tanah Laut. Sementara Rah, SF dan MI warga Desa Asam-Asam Kecamatan Jorong masih berusia 16 dan 17 tahun. Ketiganya duduk di kelas 2 sebuah SMK di kota Pelaihari.

Sekolah yang berhasil mereka bobol yakni Sekolah SDN Pelaihari 6, SDN Pelaihari 3, SDN Tampang, SDN Angsau 3, SMPN 3 Pelaihari, SMP Panyipatan dan Sekolah Menengah Kejuruan 2 Desember Pelaihari.
Dari tujuh sekolah yang mereka bobol, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta Rupiah. SMK 2 Desember misalnya yang dibobol kawanan pada Jumat 27 Oktober 2017 mengalami kerugian mencapai Rp35 juta. Di sekolah ini mereka memboyong beberapa unit komputer dan LCD TV yang berada di ruang laboratorium sekolah.

Pandu At Thayyib kepada petugas mengaku hanya sebagai penjual barang hasil curian. Ia mengatakan tiga pelajar SMK menjadi penunjuk jalan sekaligus eksekutor setiap aksi pembobolan sekolah.

Kepada petugas, Pandu juga mengakui uang penjualan barang hasil curian itu mereka habiskan di tempat hiburan malam yang ada di kota Banjarmasin. “Barang hasil curian biasanya disimpan dulu di tempat kos tiga pelajar SMK,” jelas Pandu.

Kapolres Tanah Laut, AKBP Sentot Adi Dharmawan pada gelar kasus, Rabu membenarkan saat ini mereka mengamankan enam pelaku pembobol sekolah. Tiga di antaranya masih dibawah umur dan duduk di bangku SMK di Kota Pelaihari.

Selain mengamankan enam tersangka dan peralatan elektronik, petugas juga mengamankan dua unit motor matik dan satu mobil minibus warna putih, serta dua buah palu, satu buah obeng besar dan satu penutup kunci yang sudah dirusak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SUMBER:

Written by 

Related posts

Leave a Comment