Search

7 Pesan Obama untuk Indonesia

7 Pesan Obama untuk Indonesia

 

BabeBola.net, Jakarta – Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama memberikan petuahnya untuk Indonesia. Pesan itu ia sampaikan dalam pembukaan Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Jakarta, pada 1 Juli 2017.

Ada 7 petuah yang disampaikan oleh Si Anak Menteng tersebut, demikian hasil rangkuman :

Pesan pertama, Obama menyerukan agar masyarakat Indonesia, dan dunia, untuk menghindari diskriminasi serta segregasi keagamaan.

“Kita harus menghindari diskriminasi dan segregasi sektarian serta agama,” kata Barack Obama.

Soal toleransi, Obama juga menyerukan semua warga Indonesia, terutama generasi muda, untuk bertindak demi menjaga dan merawat Bhinneka Tunggal Ika.

Petuah kedua, mantan presiden AS itu menyampaikan agar Indonesia menguatkan pilar-pilar demokrasi sebagai kunci persatuan bangsa.

“Indonesia beruntung bisa mempertahankan wilayahnya yang besar dengan demokrasi. Tidak seperti China.”

Ketiga, ia juga berpesan agar Indonesia, dan dunia, mengedepankan prinsip keadilan gender.

“Indonesia harus mengedepankan keadilan gender, memperlakukan perempuan secara adil. Itu membuat Indonesia akan menjadi model negara yang baik di mata dunia,” kata suami Michelle Obama itu.

Selain itu, Obama juga menyampaikan pesan keempat kepada Indonesia. Pesan itu mengenai sejumlah kiat guna mencapai stabilitas nasional.

“Pemerintah harus bekerja secara efektif, menghentikan korupsi, harus patuh hukum, memperkuat ekonomi, memberdayakan komunitas, memastikan kesejahteraan untuk anak, pemuda, dan perempuan, serta menghargai masyarakatnya. Politisi juga harus menerapkan kompetisi politik yang sehat,” kata Obama memberikan kiat-kiat stabilitas nasional untuk Indonesia.

Pesan kelima, mantan presiden AS itu mengimbau agar Indonesia terus berkomitmen dalam upaya menanggulangi fenomena perubahan iklim global.

“Aku harap Indonesia terus berkomitmen untuk melakukan itu, untuk menekan perubahan iklim. Indonesia harus belajar dari kesalahan dari negara Barat yang gagal menekan perubahan iklim. Dan aku harap Indonesia tidak melakukan kesalahan yang sama,” ujar sang ‘Si Anak Menteng’.

“Indonesia harus bekerja cepat untuk mengatasi hal tersebut (perubahan iklim). Jakarta misalnya, kini telah mengaplikasikan transportasi masal untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi, yang mampu menyumbang emisi gas buang yang sangat besar. Perubahan iklim itu seperti merawat tubuh. Harus tekun dan konsisten,” jelas Obama.

Keenam, Obama memberikan pesan agar Indonesia mampu berdikari untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

“Indonesia harus berjuang untuk mentransformasikan dirinya sendiri untuk masa depan. AS bisa membantu. Namun untuk sebuah negara mau berubah, mereka harus berjuang sendiri,” kata mantan presiden AS itu.

“Sebesar apapun negaranya, lihat seperti kasus di Brasil misalnya yang baru dilanda korupsi. Jika aspek-aspek itu tidak terpenuhi, negara tidak akan sukses,” jelasnya.

Terakhir, Obama menyampaikan pesan khusus untuk setiap warga negara dan diaspora Indonesia yang telah membiasakan diri untuk berbuat kebaikan.

“Jangan lakukan hanya sekali, lakukan berkali-kali,” kata Obama.

 

 

Sumber : Liputan6.com

Written by 

Related posts

Leave a Comment