Search

886 Kebaikan Cristiano Ronaldo untuk Manusia dan Alam

BabeBola.net – Sungguh kita sangat beruntung menjadi kid zaman now. Oleh karenanya, kita menjadi saksi atas manusia fenomenal seperti Cristiano Ronaldo. Orang satu ini selain hebat di atas ranjang lapangan juga luar biasa di luar lapangan.

Ya, pemain asal Portugal ini adalah salah satu pemain sepakbola terbaik abad ini. Empat kali Ronaldo pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia, hanya Lionel Messi yang mengungguli dalam mengoleksi penghargaan tersebut. Namun sepertinya tahun ini Ronaldo akan menyamai prestasi pesaingnya itu.

Kehebatan Ronaldo dalam sepakbola telah menjadikannya manusia mulia di dunia.  Menurut majalah Forbes tahun 2017, Ronaldo adalah atlet terkaya di dunia yang mengantongi kekayaan senilai  71,8 juta euro atau setara dengan 1,23 triliun. Pendapatan ini didapatkan Ronaldo dari berbagai sumber termasuk gaji, sponsor pribadi, dan iklan. Neymar yang baru saja pindah ke PSG mungkin akan segera menjadi pesaing Ronaldo sebagai atlet terkaya.
Namun kekayaan bagi Ronaldo tak membuatnya sombong. Ia tak ingin menikmati kekayaannya sendirian, meskipun itu semua adalah hasil kerja kerasnya sendiri. Pria kelahiran 1985 tersebut mulai meniti karier sepakbola di Sporting Lisbon pada 1997. Ronaldo kemudian pindah ke Manchester United pada 2003, dan akhirnya menjadi pemain termahal saat bergabung dengan Real Madrid pada 2009.

Ronaldo banyak memberi bantuan pada orang-orang yang kurang beruntung di seluruh pelosok dunia, baik itu berupa materi atau dukungan moril, tanpa memandang suku, ras, agama dan sisi lainnya. Maka wajar apabila pada 2015 Ronaldo pernah dinobatkan sebagai atlet paling tinggi dalam memberi donasi.

Ronaldo terlahir bukan sebagai orang kaya. Ayahnya tukang kebun dan ibunya tukang masak. Ronaldo sudah kehilangan sosok ayah ketika masih kecil. Ayahnya pergi disebut karena kecanduan alkohol. Namun demikian, Ronaldo tetap menghormati ayahnya bahkan ia mengaku gemar bersedekah berkat ajaran mendiang orang tua.

“Ayahku selalu memintaku membantu orang lain. Kata dia, kalau kamu menolong orang lain, Tuhan akan memberimu banyak balasan,” kenang Ronaldo.

Mari mulai menghitung daftar kebaikan Ronaldo:

1. Ronaldo Menjadikan Korban Tsunami di Aceh sebagai Anak Angkat (2004)

26 Desember 2004 tsunami mengguncang Aceh dan memakan ribuan korban. Bocah 7 tahun bernama Martunis di antara orang yang yang beruntung bisa selamat dari bencana alam mengerikan tersebut. Tapi tidak mudah, ia harus bertahan hidup selama 21 hari di atas laut tanpa makanan, sebelum akhirnya tim penolong menemukannya.

Kebetulan saat itu Martunis mengenakan jersey timnas Portugal. Kabar ini pun menjadi sorotan media internasional. Timnas Portugal akhirnya memanggil Martunis dan keluarganya untuk datang ke Lisbon. Ia mendapat oleh-oleh jersey beserta tanda tangan Cristiano Ronaldo ketika pulang ke tanah air.

Ronaldo kemudian mengangkatnya sebagai anak. Bukan hanya membantu kehidupannya, namun Martunis juga mendapat kesempatan berlatih di Sporting Lisbon— klub tempat Ronaldo mengawali kariernya sebagai pemain sepakbola. Namun tak bertahan lama, Martunis kembali ke Aceh dan sempat daftar sebagai anggota polisi.

2. Ronaldo Mengajak untuk Bantu Korban Gempa di Nepal (2015)

Saat gempa mengguncang Nepal 2015, melalui akun Facebook, Ronaldo mengajak orang-orang di seluruh dunia untuk memberikan sumbangan. Ronaldo dikabarkan ikut menyumbang senilai  USD 7,8 juta untuk bencana yang memakan sekitar 8 ribu nyawa tersebut, tapi kemudian muncul klarifikasi yang menyebut Ronaldo  hanya mengajak dan tidak ikut menyumbang.

3. Ronaldo Memberi Dukungan pada Anak-anak Korban Perang di Suriah (2016)

Melalui video berdurasi 20 detik yang diunggah di akun Twitter dan Facebook, Instagram-nya, Ronaldo meminta anak-anak Suriah untuk tak kehilangan harapan meski hidup di tengah situasi perang.

Ronaldo juga menyisihkan sebagian pendapatannya untuk anak-anak Suriah. Donasi dari Ronaldo digunakan untuk menyediakan makanan, pakaian, dan perawatan medis korban konflik di Aleppo dan seluruh Suriah.

4. Ronaldo Menghibur Imigran Suriah di Santiago Bernabeu (2015)

Ronaldo mengajak bocah 10 tahun pengungsi dari Suriah bernama Zied. Dia adalah anak Osama Abdul Mohsen. Bersama keluarganya, Zied kini menetap di Spanyol. Saat sudah berada di lapangan bersama Ronaldo, Zied sempat menirukan gerakan pemanasan Ronaldo, tapi  akhirnya ia terjatuh.

5. Ronaldo Donasikan Sepatu Emas untuk Anak-anak Palestina (2012)

Pada tahun 2012, Cristiano Ronaldo mendonasikan dana sebesar 1,5 juta euro atau setara dengan Rp 18,4 miliar untuk anak-anak di Jalur Gaza, Palestina.

Ronaldo memberikan sepatu emas yang didapatnya pada 2011 kepada Yayasan Real Madrid untuk dilelang. Lalu, uang dari hasil pelelangan itu digunakan untuk membangun sekolah-sekolah di Gaza.

Satu tahun sebelumnya, Ronaldo juga mendonasikan sebagian besar sepatu olahraganya kepada Yayasan Real Madrid untuk mengumpulkan dana untuk mendirikan sekolah-sekolah di Gaza.

6. Ronaldo Danai Pengobatan Penderita Kanker (2012)

Pada Mei 2012, Ronaldo dan agennya, Jorge Mendes, mendanai pengobatan anak laki-laki berusia sembilan tahun bernama Nurhazet. Anak ini menderita penyakit kanker sekian lama sebelum berusia dua tahun.

7. Ronaldo Mendonorkan Darahnya Dua Kali dalam Setahun

Ada alasan mengapa Ronaldo tidak menggambari tubuhnya dengan tato. Sebab, ia ingin rutin mendonorkan darah. Seperti yang diketahui, tato dapat menimbulkan adanya risiko kontaminasi silang. Jarum tato dapat menularkan sejumlah penyakit berbahaya seperti Hepatitis B dan HIV.

“Saya tidak memiliki tato karena saya sering menyumbangkan darah,” ucap Ronaldo.

8. Ronaldo Donorkan Tulang Sumsum (2001)

Ronaldo mengaku pernah mendonorkan sumsum tulangnya. Ronaldo tergerak untuk melakukan donor sumsum setelah anak dari rekannya di timnas Portugal Carlos Martins menderita leukemia pada 2001 lalu.

“Ya, saya pernah melakukannya (donor sumsum tulang) beberapa tahun yang lalu. Tepatnya, ketika Carlos (Martins) menceritakan penyakit yang diderita anaknya. Kami pun menunjukkan solidaritas untuk membantunya karena kami sadar masalah yang dia hadapi sangat berat,” ungkap Ronaldo.

9. Ronaldo Tanggung Biaya Hidup Sahabat Pengangguran

Ronaldo membiayai seorang pengangguran bernama, Albert Fantrau. Ini semua diberikan sebagai ucapan terima kasih. Ronaldo dan Fantrau merupakan teman dekat sebelum masuk akademi Sporting Lisbon. Fantrau dianggap berjasa karena telah membantu Ronaldo masuk akademi sepakbola tersebut.

Fantrau tidak bekerja setelah berhenti menjadi pemain sepakbola. Namun ia tetap hidup mewah.

“Ini semua dari Cristiano Ronaldo,” ungkap Fantrau.

10. Perhatian Ronaldo pada Lingkungan (2013)

Pada 26 Juni 2013, Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai Duta Forum Peduli Mangrove di Indonesia. Aktivitas Ronaldo sebagai Duta Mangrove merupakan kegiatan kemanusiaan dan tidak mendapat bayaran. Mangrove merupakan salah satu cara untuk menahan bencana tsunami. Sebagai Duta Forum Peduli Mangrove, Ronaldo membawa pesan “Save the Mangrove, Save the Earth”.

11. Ronaldo Tolong Pengobatan Anak yang Mengalami Kelainan Otak (2014)

Cristiano Ronaldo membiayai operasi bayi berusia 10 bulan bernama Erik yang menderita gangguan syaraf “cortical dysplasia”.

“Cristiano (Ronaldo) tahu tentang kabar anak saya. Pertama dia memberi kami baju dan sepasang sepatu untuk dilelang dan sekarang dia membantu kami dengan membiayai operasi. Dia seperti malaikat,” ungkapan terima kasih ibu Erik, Cristina Cruz, pada Ronaldo.

12. Ronaldo Bersimpati pada Bocah 6 Tahun Korban Gempa Meksiko (2017)

Ada satu kisah pilu di tengah gempa Meksiko yang menewaskan sekitar 300 orang, terjadi pada 21 September lalu. Sebuah bangunan sekolah rubuh dan menewaskan 20 murid. Satu dari korban tersebut bernama Santiago yang baru berusia 6 tahun.

Santiago diketahui sebagai fans berat Ronaldo. Santiago menuliskan nama sang mega bintang Real Madrid tersebut di berbagai tempat, termasuk di buku catatan. ‘Santiago Flores Mora Cristiano Ronaldo’, itu adalah nama yang ditulis oleh sang bocah di buku catatannya.

Hal itu sangat menyentuh Ronaldo sehingga ia pun memberikan simpati pada keluarga almarhum, “Untuk fans nomor 1 saya, Santiago. Di masa duka ini, saya mengirimkan pesan kepada keluarga Santiago dan semua keluarga yang kehilangan sosok tercinta, sebuah pelukan hangat.”

13. Sumbangan Ronaldo untuk Studi Kanker (2009)

Cristiano Ronaldo pernah menyumbangkan 100 ribu pounds (Rp 1,66 miliar) untuk pembangunan pusat studi kanker di sebuah rumah sakit yang menyelamatkan nyawa ibunya di Portugal. Uang itu digunakan untuk membangun pusat studi kanker di Hospital Central.

Kebaikan Ronaldo di luar lapangan sepakbola tak semua tercatat dalam daftar kebaikan Ronaldo di atas—karena hanya malaikat lah yang akan mencatat semua kebaikan Ronaldo mulai dari yang kecil hingga yang  besar.

Menghitung kebaikan Ronaldo di atas lapangan juga tak kalah kuantitasnya. Sebagai pemain sepakbola, Ronaldo tentu saja selalu memberi hiburan kepada fans sepakbola di seluruh dunia. Bersama Real Madrid saja, Ronaldo telah mencatatkan 400 penampilan. Jumlah itu tercatat hanya dari laga resmi, pertandingan amal dan persahabatan yang pernah ia jalani belum termasuk.

Ronaldo juga pernah bermain di Manchester United. Bersama klub Inggris tersebut, Ronaldo mencatatkan 291 penampilan di laga resmi. Lalu saat masih bermain di Sporting Lisbon, ia mendapat kesempatan tiga kali bermain bersama tim senior.

Adapun di timnas senior Portugal, Ronaldo mencatatkan 145 caps, ditambah 34 kali di level timnas junior. Jika setiap penampilan ini dijumlahkan, maka Ronaldo telah melakukan 873 untuk menghibur para pencinta sepakbola. Lalu jika ditotal lagi dengan 13 kebaikan di luar lapangan yang tercatat di atas, membuat Ronaldo telah berbuat 886 kebaikan untuk manusia dan alam—dari atas lapangan dan di luar lapangan.

Sebagai penutup, Ronaldo adalah orang yang memegang teguh kepercayaan Katolik. Tapi ia tak memandang suku, ras atau agama yang berbeda ketika memberi pertolongan pada manusia. Lebih dari itu, ia juga senang bisa menghibur seluruh manusia dengan aksinya di atas lapangan.

” Tidak penting apa pun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu” ajaran Gus Dur ini sepertinya telah menjadi laku nyata Ronaldo di dunia yang sifatnya sementara ini.

SUMBER : SPORT.COM

Written by 

Related posts

Leave a Comment