Search

Akrab dengan Dunia Pertanian sejak Kecil

BABEBOLALuciano bukan orang yang baru kemarin sore mengetahui tentang dunia pertanian. Dia memiliki latar belakang di dunia pertanian yang membuatnya menjadi pemimpin perusahaan pertanian berkelas global.

Dengan latar belakangnya, Luciano menjadi pemimpin yang bukan hanya paham dengan dunia pertanian, tetapi dia mengetahui strategi dan arah perkembangan agrobisnis. Luciano tumbuh besar di Argentina. Dia mengungkapkan keluarga ibunya adalah petani. “Saya tumbuh besar dan menghabiskan usia muda bersama mereka,” ungkapnya kepada Decatur Magazine.

Dia juga mengungkapkan wilayah kelahirannya, San Nicolas, merupakan daerah subur yang menghasilkan jagung dan kedelai di Argentina. Kedekatan dengan dunia pertanian itu menjadikan Luciano mampu menumbuhkan perspektif dan pemikiran yang kuat dalam dirinya tentang industri yang menyangkut hajat hidup orang banyak tersebut. Dia memiliki perasaan dan insting yang kuat dalam mengambil keputusan dalam industri pertanian karena sudah terbiasa dengan dunia tersebut. Kedekatan Luciano dengan tanaman kedelai, gandum, dan jagung tak bisa dibantah lagi.

“Saat kecil, saya sering bermain di ladang,” kenang dia. “Setiap obrolan makan malam, kakek selalu bercerita tentang cuaca, harga pangan yang turun, dan rencana tanam musim depan,” imbuhnya.

Semenjak kecil, Luciano belajar tentang perencanaan penanaman gandum dan kedelai. Melansir dari situs resmi Archer Daniels Midland, Juan R Luciano merupakan direktur, presiden, sekaligus chief executive officer (CEO) Archer Daniels Midland (ADM). Dia bergabung dengan ADM pada 2011 sebagai wakil presiden eksekutif dan chief operating officer (COO). Dia ditunjuk sebagai presiden pada Februari 2014 dan pada Januari 2015 menjadi CEO kesembilan di perusahaan yang telah berusia 112 tahun itu. Dia kemudian ditunjuk sebagai chairman dewan direksi pada Januari 2016.

Selama kepemimpinan Luciano di ADM, dia melakukan sejumlah kebijakan untuk meyakinkan para pemegang saham melalui program strategi pertumbuhan. Sejak Januari 2015, perusahaan menginvestasikan fasilitas pelabuhan di Eropa dan Amerika Selatan. Dia juga mengumumkan pembangunan pabrik baru di AS dan China. Langkah lainnya adalah memperluas kapasitas produksi pemanis buatan di Eropa Timur. Luciano memimpin ekspansi ADM ke bisnis bahan makanan, memperkuat produksi perusahaan khususnya benih dan kacang.

Pada saat yang sama, Luciano memperkuat modal perusahaan dan menghemat biaya produksi. Dia juga melanjutkan penguatan kepemimpinan internal di dalam perusahaan. Dia fokus mengembangkan bisnis jagung ADM, dan pertanian. Hal lainnya yang juga dia tekankan adalah riset, manajemen proyek, dan fungsi manajemen risiko untuk memperkuat bisnisnya.

Sebelum bergabung dengan ADM, Luciano sukses memimpin The Dow Chemical Company selama 25 tahun. Jabatan terakhirnya di perusahaan itu adalah wakil presiden eksekutif. Selain menjabat di ADM, Luciano juga merupakan direktur Eli Lilly and Company, Wilmar International and Intersect Illinois, sebuah lembaga pengembangan ekonomi nirlaba yang didirikan Gubernur Illinois Bruce Rauner.

Dia juga menjadi anggota Economic Club of Chicago dan the Commercial Club of Chicago. Tak hanya itu, Luciano bahkan menjabat gubernur The Boys and Girls Clubs of America.

 

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment