Search

AL China Gelar Latihan Menembak di Dekat Korut

BABEBOLA– Angkatan Laut (AL) China telah memulai latihan menembak di dekat Korea Utara (Korut). Latihan ini dilakukan ditengah eskalasi aktivitas Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) di Semenanjung Korea.

AL China memulai latihan menembak selama empat hari di lepas pantai Korut seiring peringtan yang dikeluarkan Pyongyang bahwa tindakan Washington mendorong wilayah tersebut menuju perang nuklir.

“Latihan tersebut dimulai di lepas pantai Lushun di provinsi Liaoning, China timur laut. Menjelang latihan tersebut, area seluas sekitar 276 kilometer persegi dinyatakan tidak dapat digunakan,” sadur Russia Today dari media China yang mengutip Badan Keamanan Laut negara itu, Jumat (15/12/2017).

Lushun adalah rumah bagi pangkalan angkatan laut yang penting untuk Armada Laut Utara (PLA) China, yang bertanggung jawab untuk melindungi perairan China dari Semenanjung Korea. Skala latihan serta jumlah kapal yang berpartisipasi tidak diketahui.

Latihan angkatan laut China selama empat hari dimulai di tengah kesibukan aktivitas militer di wilayah tersebut. AS, Korsel dan Jepang mengadakan latihan militer gabungan minggu ini yang bertujuan menekan Korut untuk meninggalkan uji coba rudalnya.

Pekan lalu, lebih dari 40 kapal perang dari AL China ikut serta dalam latihan besar di Laut Cina Timur, beberapa hari setelah Angkatan Udara negara itu melakukan latihan tingkat tinggi serupa.

Sebelumnya, Pyongyang mengatakan bahwa sebuah rencana pemerintah Trump untuk memberlakukan blokade angkatan laut di Korut, jika diimplementasikan, akan menjadi sangat berbahaya dan langkah besar menuju perang nuklir.

 

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment