Search

Amerka Paling Jago Propaganda

BABEBOLA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ahu benar cara memainkan emosi publik di dalam negeri. Kebijakan luar negeri AS sangat terkait erat dengan kebutuhan di dalam negeri.

Demikian disampaikan dosen politik Amerika Serikat dari Universitas Indonesia, Suzie Sudarman, dalam diskusi Kamisan yang dilaksanakan DPP Taruna Merah Putih (TMP), di kantor DPP TMP, Jalan Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat (Kamis, 14/12/2017).

Tema diskusi “Blunder Trump di Yerusalem.” Selain Trias, hadir juga sebaga narasumber pengamat Timur-Tengah, Trias Kuncahyono.

Acara ini dihadiri ratusan orang dari berbagai organisasi lintas agama seperti GP Ansor, GMKI, GMNI, PMKRI dan lain-lain. Hadir juga mahasiswa dari beberapa kampus.

Dalam penjelasannya, Suzi menggunakan pisau analisa kiri. Bahwa negara-negara kelas satu selalu menggunakan beragai acara agar negara-negara lain dibikin nyaman. Salag satunya dengan propanda.

“Dan Amerika ini paling jago propaganda, karena memang pintar-pintar,” ungkap  Suzi.

Di dalam negeri, jelas Suzi, pemeritahan Trump menenangkan kelas bawah dengan kenyamanan. Namun demikian, protes dalam negeri tetap ada. Maka proses legitimasi harus diwujudkan, dan Trump tahu cara memainkan emosi bangsa AS.

“Trump pandai memainkan dan mengelola emosi publik,” ungkap Suzie.

Selain perhatian pada Palestina, Suzie menegaskan bahwa ada banyak persoalan di dalam negeri Indonesia yang harus diatasi.

Terutama penjajahan oleh bangsa sendiri, dan terkecuali di dunia pendidikan.

Para dosen misalnya, untuk naik pangkat, harus menulis di jurnal internasional yang editornya tentu saja tak lepas dari kepentingan ideologis, seperti kapitalisme.

“Maka yang utama bagi kita adalah mencerdaskan anak bangsa, sehingga tak dipermainkan terus. Bagimana mau berperan di dunia kalau daya saing saja gak ada,” ungkap Suzie.

 

 

 

 

 

SUMBER

Written by 

Related posts

Leave a Comment