Search

Bakamla Evakuasi Perahu Nelayan Sumur Pandeglang Kembali ke Laut

Jakarta – Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) Bakamla mengevakuasi sejumlah perahu milik nelayan di Sumur, Pandeglang, Banten, kembali ke laut. Setidaknya ada tiga perahu yang berhasil dievakuasi.

Proses evakuasi dilakukan pada Kamis (27/12/2018). Jajaran personel Basarnas juga ikut membantu proses evakuasi tersebut.

“Sebagian warga nelayan di Pantai Sumur yang selamat dari bencana tsunami yang melanda Banten berupaya mengevakuasi kapal dan perahu mereka yang terhempas ke daratan, tidak jauh dari pantai,” kata Kasubbag Humas Bakamla, Letkol Mardiono dalam keterangan tertulis, Kamis (27/12/2018).

URCL Bakamla membantu evakuasi perahu nelayan Sumur, Pandeglang, kembali ke laut.
URCL Bakamla membantu evakuasi perahu nelayan Sumur, Pandeglang, kembali ke laut. Foto: dok. Bakamla RI

Mardiono menuturkan, ada puluhan perahu milik nelayan yang terhempas ke daratan. Menurutnya, tidak sedikit kapal dan perahu yang tertimpa reruntuhan bangunan.

“Adapun kapal nelayan yang berada di atas reruntuhan rumah warga dievakuasi menggunakan alat berat. Di sepanjang Pantai Sumur terlihat puluhan kapal, perahu dan bagan milik nelayan setempat yang terhempas ke daratan hingga jarak 100 meter lebih dari pantai akibat terjangan gelombang tsunami,” terang Mardiono.
Selain perahu, dermaga perikanan untuk kapal nelayan juga hancur. Demikian pula bangunan Pos Angkatan Laut (Posal) yang mengalami kerusakan di beberapa bagian.

 

Sumber

Written by 

Related posts

Leave a Comment