Search

Bikin Takut, Satgas Pangan Diminta Jangan Asal Garuk Pengusaha

Bikin Takut, Satgas Pangan Diminta Jangan Asal Garuk Pengusaha

BabeBola.net – JAKARTA – Satgas Pangan yang beranggotakan Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia dinilai bikin takut pelaku usaha karena tindakan penggerebekannya ke pabrik beras PT Indo Beras Unggul (IBU).
Karena itu, Satgas Pangan diminta jangan asal garuk pengusaha begitu saja dengan langkah eksplosif.

Anggota Pokja Ahli Dewan Ketahanan Pangan Khudori mengatakan, Satgas Pangan tidak bisa menangkap siapa saja perusahaan yang dinilai melanggar secara bombastis. Hal tersebut dinilai bakal menimbulkan kecemasan.

“Jangan sampai pelaku usaha yang ditangkap siapapun bisa digaruk, bisa ditindak. Sehingga menimbulkan ketakutan di pengusaha, yang terjadi itu,” ujarnya dalam acara talkshow Polemik Sindo Trijaya di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (29/7/2017).

Menurut Khudori, kasus yang menimpa PT IBU ini dapat dijadikan titik balik bagi industri perberasan nasional. Sudah lama kebijakan yang ada tidak berubah.

“Memang ini jadi pelajaran kita, introspeksi diri, ini jadi momentum. Kalau kita lihat, kebijakan perberasan kita lama enggak berubah dari di hulu sejak 1969 dirakit, kebijakan yang hilir tak tersentuh,” katanya.

Sekarang, kata Khudori, semuanya telah berubah secara drastis. Salah satunya yakni tingkat pendapatan konsumen sudah jauh lebih baik dari beberapa puluh tahun lalu, namun akses beras tetap masih sulit.

“Ketika dinamika luar biasa, konsumen pendapatan naik, ritel mendesak ke daerah. Ini akses ke beras susah,” pungkasnya.

 

 

Sumber : SINDO

Written by 

Related posts

Leave a Comment