Search

Bila Memang Terdiagnosis Gegar Otak, Bisakah Setnov Kehilangan Ingatannya?

BabeBola.com Jakarta, Setelah kecelakaan yang menimpanya pada Kamis (16/11/2017), Setya Novanto, dikabaran oleh pengacaranya Fredrich Yunandi, berpotenti mengalami gegar otak.

Jika memang Setnov mengalami gegar otak, muncul dugaan bahwa beliau bisa saja kehilangan ingatannya.

Tentu saja, jika sampai ini terjadi, proses penyidikan kasus korupsi E-KTP yang melibatkan dirinya akan terhambat.

Namun, sebelum jauh membahas masalah penyidikan, kita tentu ingin memastikan, apakah gegar otak benar-benar dapat menyebabkan penderitanya kehilangan ingatan?

Mari temukan jawabannya melalui ulasan dari upmc.com berikut ini.

Dengan 3,8 juta gegar otak terjadi setiap tahun, pertanyaan tentang bagaimana gegar otak dapat mempengaruhi ingatan seseorang biasa terjadi.

Gegar otak dapat terjadi akibat kecelakaan atau trauma pada otak saat bermain olahraga yang melibatkan kontak fisik, atau ‘skenario’ lainnya.

Gegar otak menggetarkan otak di dalam tengkorak korban dengan masa pemulihan bervariasi tergantung pada kondisi fisik individu dan tingkat keparahan benturan ke kepala.

Dalam How Concussions Affect Academics, pakar gegar otak Jonathan French, PsyD, membahas bagaimana gegar otak dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk belajar.

Cedera ini memengaruhi kemampuan kognitif otak, termasuk yang dibutuhkan untuk belajar dan beraktivitas di sekolah.

Untungnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sekolah untuk membantu meringankan pemulihan siswa.

Pada bagian kedua dari seri ini, Dr. French membahas bagaimana gegar otak dapat memengaruhi ingatan jangka pendek dan jangka panjang.

Saat otak terluka, tentu saja ada kemungkinan besar bisa mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengingat informasi yang baru disajikan.

Seringkali, individu mengeluh bahwa mereka tidak dapat mengingat sesuatu yang baru saja mereka lihat, atau hal-hal yang baru saja dikatakan.

Ini adalah jenis masalah memori yang paling umum.

Ingatan jangka panjang seseorang dapat dipengaruhi oleh gegar otak. Namun, lebih besar kemungkinannya untuk memengaruhi memori jangka pendek mereka.

Kebanyakan individu yang menderita cedera kepala dapat mengingat hal-hal yang terjadi di masa lalu.

Namun kemungkinan besar akan bersusah payah untuk mengingat hal-hal yang terjadi baru-baru ini, terutama informasi yang mereka lihat atau dengar sebelum mencari pengobatan atau saat mereka masih mengalami gejala.

Gegar otak tidak selalu mempengaruhi kecerdasan. Kecerdasan bersifat stabil yang mencakup banyak aspek fungsi kognitif.

Setelah gegar otak, otak tidak dapat berfungsi sebaik sebelum cedera. Inilah sebabnya mengapa kita biasanya mengalami beberapa kesulitan dengan memori atau akademisi.

Namun, begitu otak pulih, tidak ada perubahan dalam kecerdasan secara keseluruhan dari penderitanya.

Biasanya kita tidak melihat dampak jangka panjang. Kebanyakan individu yang mengalami gegar otak mengalami kesulitan selama masa pemulihan mereka.

Namun jika dikelola dengan benar sebagian besar kembali normal tanpa mengalami kesulitan kognitif jangka panjang.

Berita ini sudah tayang di intisari.grid.id berjudul Jika Memang Terkena Gegar Otak, Bisakah Setnov Kehilangan Ingatannya?

Written by 

Related posts

Leave a Comment