Search

Butuh Waktu Semalaman Untuk Hias Kereta Kencana yang Akan Mengantar Kahiyang dan Bobby ke Pelaminan

BABEBOLA – Kereta kuda yang akan digunakan untuk membawa Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution ke pelaminan masih dipersiapkan.

Berbeda dari acara pernikahan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, beberapa tahun lalu, jumlah kereta kuda yang digunakan untuk acara mantu Jokowi kali ini lebih banyak.

Sebab itu, perlu waktu lebih lama untuk menyiapkan hiasan bunga pada kereta-kereta dalam pernikahan Kahiyang dan Bobby Nasution.

“Sewaktu menghias dua kereta kuda yang digunakan Mas Gibran (putra sulung Jokowi), kami menyelesaikan hingga tengah malam. Sekarang kereta yang digunakan delapan, jadi bisa semalaman,” ujar Anwar Muhtadi, warga Laweyan, saat ditemui di rumah dinas Wali Kota Solo, Sabtu ( 4/11/2017).

Anwar ditunjuk keluarga Presiden Jokowi untuk merawat dan menghias kereta-kereta tersebut.

Kereta kencana akan digunakan untuk mengantar Kahiyang-Bobby bersama keluarga ke gedung pernikahan di Graha Saba Buana, Solo, pada 8 November 2017.

Menurut Anwar, waktu menghias kereta kencana dimulai malam hari.

Hal itu dilakukan agar bunga untuk hiasan pada kereta tidak layu saat dibawa ke lokasi acara.

“Nanti bunga yang dipakai bunga asli semuanya. Tidak ada bunga plastik atau bunga tiruan,” ujar Anwar.

Anwar menjelaskan, satu kereta kencana dan tujuh kereta kuda lain akan dihias pada Selasa (7/11/2017) malam. Adapun perawatan dan pergantian onderdil yang aus sudah dilakukan sejak pekan lalu.

Anwar yang ditunjuk mengurusi kereta kuda untuk membawa dua mempelai dan keluarga Jokowi sudah lama menapaki bisnis sewa kereta dan kuda.

Usaha itu diwarisi dari Wiro Sumarto, ayah kandungnya.

Tak hanya itu, sejak usia 12 tahun, Anwar sudah jago menunggang kuda.

Karena kepiawaian menunggang kuda, Anwar sering menjadi joki kuda milik ayahnya sendiri.

Dari hasil lomba, sederet prestasi ditorehkan dari beberapa kompetesi balap kuda.

Dari usahanya menyewakan kereta dan kuda, Anwar mengenal Jokowi saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Menurut Anwar, Jokowi menyukai andong dan kuda. Ketika Jokowi masih menjabat Wali Kota Solo, kereta kudanya disewa untuk mendukung acara pemerintah setempat.

Untuk pemesanan kereta kudanya yang digunakan mengantar dua mempelai Kahiyang-Boby, Anwar mengaku dihubungi putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming sebulan yang lalu.

Lantaran akan digunakan untuk pernikahan putri Presiden Jokowi, Anwar tak menarik tarif alias menggratiskan biayanya. Tak hanya itu, pemilik enam belas kuda poni yang digunakan untuk menarik delapan kereta juga tidak mau dibayar. “Kami semuanya ikhlas dan menggratiskan biaya sewa kereta dan kuda,” jelas Anwar.

Ditanya asli harga sewa kereta bersama kuda lengkap dengan kusirnya, Anwar mematok Rp 1,5 juta. Namun bila hanya menyewa kereta cukup membayar Rp 500.000.

Tentang harga satu kereta kuda, Anwar menyatakan satu buah kereta kuda berharga Rp 100 juta. Pembuatan kereta kuda dilakukan di Yogyakarta. “Kalau dulu satu kereta seharga Rp 75 juta. Sekarang sudah mencapai Rp 100 juta dan pesannya harus di Yogyakarta. Pasalnya di Solo, pengrajinnya tidak ada lagi,” ungkap Anwar.

Pembuatan kereta kuda sendiri bisa memakan waktu setahun. Namun bila dikebut penggarapannya hanya memakan waktu tiga bulan saja.

Ditanya persiapan khusus yang dilakukan mempersiapkan dan menghias kereta kuda, Anwar mengaku tidak ada ritual khusus. Ia hanya mengandalkan doa kepada Allah SWT.

 

 

 

 

 

SUMBER:

Written by 

Related posts

Leave a Comment