Search

Cara 100% Gaji Ini Bisa Mengajarimu Punya Tabungan Banyak Tahun Depan

BABEBOLA.COM-Apa yang kamu lakukan setiap kali menerima gaji? Langsung dibuat makan enak dan jalan-jalan? Atau langsung membeli barang yang kamu inginkan? Jika memang seperti ini pemikiranmu, dijamin kamu gak gampang punya tabungan tahun depan. Jangankan sampai tahun depan, mungkin akhir bulan saja kamu sudah kekurangan.

Langsung hedon di hari pertama terima gaji adalah tanda kamu tak bertambah dewasa dan tak memikirkan masa depan. Coba terapkan 4 langkah pembagian dari 100% gajimu ini. Tahun depan ketika kamu membuka tabunganmu, kamu akan kaget dengan jumlahnya.

1. Beri 10-15% dari gajimu untuk orang yang membutuhkan

dailybruin.com

Semua agama mengajarkan jika kita bisa berbagi dengan orang yang membutuhkan, maka Tuhan akan memberi rezeki berlipat ganda pada kita. Maka dari itu, jangan sungkan-sungkan untuk memberi sedekah pada orang-orang yang kekurangan. Gak berat kok, hanya perlu sisihkan 10-15% setiap terima gaji itu hal ini.

Memberi sedekah bisa berarti banyak hal, bisa saja kamu membagikan nasi bungkus pada orang tua atau anak-anak di jalanan. Hal yang paling gampang seperti membelikan apa yang orangtuamu suka juga termasuk dalam berbagi. Apapun itu, yang penting niatnya tulus dan tidak ada paksaan.

2. Tabung 10-15% dari gajimu, kalau bisa lebih besar itu lebih baik

popsugar.com

Anggap gajimu sudah berkurang jadi 85% karena kamu sudah bersedekah. Sekarang dari angka itu, kurangi lagi 10-15% untuk tabungan pribadimu. Seandainya memang kamu punya rezeki lebih dan bisa menabung lebih dari itu, justru sangat baik sekali.

Di umurmu yang sudah bekerja ini, selalu punya minimal dua rekening tabungan. Satu untuk kebutuhan sehari-hari, satu untuk tabungan. Uang 10-15% ini lemparkan ke tabungan, dan simpan rekeningnya di rumah. Rekening yang boleh kamu bawa pergi adalah rekening untuk kebutuhan sehari-hari.

Percayalah jika kamu menerapkan, kamu akan kaget lihat hasilnya di akhir tahun. Uang 10-15% (atau lebih) yang bisa kamu tabung ini, menjadikanmu punya pegangan di tahun depan.

3. Membayar utang hanya boleh max 30% dari gajimu, jangan lebih dari itu

Unsplash.com/Lucas Favre

Ngeri lho kalau utangmu selama ini ternyata lebih dari 30% gajimu, sungguh! Misal jika gajimu Rp 4 juta, maka total utang yang boleh kamu punya hanya Rp 1,2 juta. Utang bisa berarti apapun, yang paling umum dijumpai adalah utang kartu kredit. Untuk mengantisipasinya, kontrol dirimu sendiri dengan limit yang boleh kamu keluarkan untuk utang.

Jika memang di bulan itu kamu tak ada membayar utang sama sekali, bersyukurlah tapi jangan hedon. Langsung lemparkan 30% yang disisihkan untuk utang ke rekening tabungan. Lumayan kan untuk menambah simpananmu.

5. Untuk biaya hidup selama satu bulan, kamu butuh 40-50% dari gajimu

Unsplash.com/Jonas Leupe

Setelah tiga langkah di atas kamu lakukan, kamu punya sisa 40% dari gajimu untuk belanja. Ada trik lain yang bisa kamu lakukan untuk menekan keinginanmu belanja, yaitu jangan bawa uang banyak-banyak di dompet. Perhatikan polanya, dalam satu minggu misal kamu hanya butuh Rp 300 ribu untuk makan dan transport, maka uang sebanyak itulah yang perlu kamu tarik dari rekening kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, kamu juga bisa memasukkan uang ke e-money yang bisa memberikan banyak promo. Salah satunya yang cocok untuk kehidupan anak millennials adalah TCASH. Dengan menggunakan TCASH, kamu bisa menikmati aneka macam promo TCASH yang memberikan banyak diskon. Seru banget bukan? Cukup download TCASH Wallet di smartphone-mu, dan nikmati berbagai kemudahannya.

Kalau ternyata di akhir bulan uang 40-50% itu masih ada sisa, lemparkan lagi ke rekening tabungan. Makin banyak yang bisa kamu tabung, makin tenang kamu di hari tua. Nah, sudah siap terapkan cara 100% gaji ini? Jangan sampai putus di tengah jalan ya, sia-sia nanti perjuanganmu.

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment