Search

Chopperland Jokowi, Ingin Motormu Mirip?

BABEBOLA.COM-Modifikasi sepeda motor berjenis chopper tengah menjadi perhatian. Pasalnya, model tersebut merupakan aliran sepeda motor Presiden Joko Widodo.

Bersama beberapa menteri dan builder tanah air, orang nomor satu di Indonesia itu touring ke beberapa daerah. Layaknya anak gaul masa kini, Jokowi menunggang Chopperland dengan mengenakan jaket jeans dan sneakers.

Lantas apa saja yang harus diubah jika ingin motor seperti ‘Chopperland’ milik Jokowi?

Modifikasi yang umum dilakukan adalah mengubah sudut kemudi menjadi menjulur ke depan dan sedikit lebih tinggi. Selain itu, setir yang digunakan tidak terlalu lebar. Biasanya, ukuran yang digunakan tak jauh berbeda dengan sepeda motor pada umumnya.

Tangki bahan bakar pun dibuat lebih minimalis. Kebanyakan motor masa kini memiliki banyak lekukan di setiap sisinya, bahkan ada yang meruncing.

Ubahan lain yang perlu dilakukan ialah membuat suspensi belakang menjadi rigid. Bukannya tidak dilengkapi suspensi, peredam kejut itu berpindah di bawah jok single seater.

Bagian sasis pun harus dimodifikasi menjadi lebih rapat di bagian belakang. Sedangkan footrest dibuat lebih maju untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Sisi pencahayaan pun tak luput dari modifikasi. Biasanya, lampu depan chopper berbentuk bulat dan besar. Lampu sein dan tail-light juga mengusung bentuk serupa.

Untuk warna, kebanyakan builder chopper menggunakan pilihan yang tak umum dan jarang digunakan pabrikan, seperti matte black, metallic, hingga glamorous glitter dan chrome. Bahkan ada pula yang mengusung tema rusty dengan membiarkan beberapa bagian motornya berkarat.

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment