Search

Cuaca Ekstrem, Kemenhub Keluarkan Surat Edaran Keselamatan Untuk Maskapai dan Otoritas Bandara

BABEBOLA – Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Santoso mengeluarkan surat edaran keselamatan terkait cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari belakangan.

Surat edaran tersebut ditujukan kepada seluruh maskapai penerbangan, penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan, penyelenggara bandar udara, otoritas bandar udara dan penyedia layanan informasi meteorologi penerbangan.

“Setiap akhir tahun itu, kita mengalami hal berbeda namun saling berkaitan. Yaitu cuaca ekstrim karena merupakan puncak musim hujan,” ujar Agus Santoso melalui keterangan resminya, Selasa (12/12/2017).

Surat edaran tersebut juga ditujukan agar penerbangan meningkatkan keselamatan ditengah meningkatnya penumpang karena libur natal dan tahun baru.

“Untuk itu kita harus tetap waspada dan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan dan penumpang,” ujar Agus Santoso.

Adapun poin-poin yang disarankan kepada penerbangan adalah memastikan pemenuhan kriteria saat melakukan proses pendaratan,memastikan cukupnya panjang landasan terutama saat terdapat genangan air, serta memastikan flight dispatcher memperoleh data meteorologi terbaru alam menyiapkan flight plan.

Kemudian menyarankan PIC untuk melakukan asessment terhadap kondisi cuaca sebelum take off, serta mengantisipasi lonjakan arus penumpang dengan penerbngan tambahan.

Selain kepada maskapai Agus juga meminta kepala Kantor Otoritas Bandara di tiap-tiap wilayah operasional untuk meningkatkan kegiatan ramp check, dan memonitor kondisi bandara.

“Mengawasi dan memonitor pelaksanaan Surat Edaran ini serta peraturan dan ketentuan lainnya terkait keselamatan penerbangan di bandar udara,” pungkas Agus.

 

 

 

 

 

SUMBER

Written by 

Related posts

Leave a Comment