Search

Daftar Data yang Direkam Google dan Facebook

BABEBOLA.COM-Di era digital ini segala aktivitas sebagian manusia tidak bisa lepas dari Google dan Facebook. Dua perusahaan internet raksasa itu sangat dekat di kehidupan penggunanya.

Saking dekatnya, Google dan Facebook sampai tahu segala informasi yang kamu punya tanpa kamu sadari. Contoh, informasi mengenai lokasi yang pernah kamu singgahi hingga stiker yang pernah dipakai di Facebook.

Seorang konsultan teknis dan pengembang web bernama Dylan Curran membeberkan seberapa banyak informasi yang disimpan kedua perusahaan teknologi tersebut, melalui kicauan kultwit di akun Twitter @iamdylancurran yang sudah di-retweet lebih dari 200 ribu kali.

Berikut adalah rangkuman kicauan Dylan Curan yang menguliti Google dan Facebook dalam mengoleksi data penggunanya, seperti dikutip dari The Guardian.

Google tahu di mana kamu berada

Menurut Curran, Google menyimpan catatan lokasi kamu setiap kali menghidupkan telepon. Itu tersimpan dalam linimasa di mana kamu pergi sejak mulai menggunakan Google. Klik tautan berikut ini jika kamu ingin membuktikannya.

https://www.google.com/maps/timeline?pb

Google tahu semua yang kamu cari di mesin pencariannya

Google menyimpan riwayat pencarian di semua perangkat kamu, baik itu dismartphonemaupun di komputer dekstop dengan akun Google yang sama. Jika kamu menghapus riwayat pencarian di satu perangkat, misal di smartphone, kemungkinan data tersebut masih tersimpan di komputer desktop. Klik tautan berikut ini jika ingin melihat data kamu sendiri.

https://myactivity.google.com/myactivity

Google kasih iklan sesuai profil kamu

Google membuat profil iklan berdasarkan informasi yang kamu berikan, seperti lokasi, jenis kelamin, usia, hobi, karir, minat, status hubungan, atau mungkin penghasilan. Klik tautan ini untuk melihat profil iklan kamu.

https://www.google.com/settings/ads/

Google tahu semua aplikasi yang kamu gunakan

Google menyimpan informasi tentang setiap aplikasi yang kamu pasang. Mereka juga tahu seberapa sering dan di mana kamu memakainya, dan dengan siapa kamu menggunakannya untuk berinteraksi. Klik tautan ini untuk melihat data kamu sendiri.

https://security.google.com/settings/security/permissions

Apa yang kamu tonton di YouTube, Google juga bisa tahu

Karena layanan berbagi video YouTube milik Google, otomatis mereka juga tahu semua riwayat tontonan kamu di platform itu. Ingin tahu data-data YouTube apa saja yang sudah mereka lihat dari riwayat kamu? Cek tautan berikut ini.

https://www.youtube.com/feed/history/search_history

Google memberikan opsi mengunduh data pribadi kamu yang tersimpan

Kamu dapat mengunduh semua data yang tersimpan tentang kamu di akun pribadi kamu. Data mencakup bookmark, email, kontak, file Google Drive, foto yang kamu ambil di ponsel, produk yang kamu beli melalui Google, dan masih banyak lagi data yang tersimpan. Untuk melihatnya cek di sini.

https://www.google.com/takeout

Facebook juga memiliki banyak informasi tentang data kamu

Sebagai media sosial yang banyak digunakan orang, Facebook ternyata memiliki data yang lengkap milik penggunanya. Data itu mencakup setiap pesan yang pernah diunggah, atau semua pesan audio yang pernah dikirim, serta semua kontak di ponsel.

Facebook juga menyimpan segala sesuatu, mulai dari stiker yang digunakan hingga lokasi login, seperti tempat masuk, dari jam berapa, dan dari perangkat apa.

Mereka menyimpan semua aplikasi yang pernah kamu hubungkan ke akun Facebook, sehingga mereka dapat menebak ketertarikan politik seperti skandal ‘pencurian’ data pengguna Facebook yang terungkap baru-baru ini.

Untuk membuktikan semua data tersebut bisa kamu unduh di tautan ini.

https://www.facebook.com/help/131112897028467

Jadi ketahuilah bahwa kehidupan kamu secara tidak langsung sudah terekam oleh Google dan Facebook.

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment