Search

David Beckham, Pria Inggris dengan Efek Global

BABEBOLA.NET Mantan pesepakbola David Beckham tahun lalu dinobatkan sebagai pensiunan atlet terkaya di dunia setelah mantan pebasket Michael Jordan. Apa yang membuat David Beckham begitu kaya meski tidak lagi menendang si kulit bundar?

David Beckham bisa jadi pensiunan yang paling bahagia saat ini. Punya istri cantik dan terkenal dan anakanak yang menggemaskan banyak orang. Belum lagi kocek yang selalu terisi penuh dengan uang. Bagaimana tidak setiap tahunnya kantong David Beckham terisi penuh dengan uang sebesar USD65 juta atau sekitar Rp866 miliar per tahun.

Pendapatan ini yang menempatkan David Beckham sebagai atlet pensiunan nomor dua dengan pendapatan terbesar. Pesepakbola asal Inggris tersebut hanya kalah dari mantan atlet basket legendaries Chicago Bulls, Michael Jordan yang memiliki pendapatan per tahun Rp1,46 triliun.

Banyak orang berpikir bahwa kiprah David Beckham di lapangan hijau yang mampu membuatnya sangat kaya. Kemampuan David Beckham mengolah si kulit bundar justru hanya berkontribusi kecil dalam kesuksesannya itu. Pria kelahiran 2 Mei 1975 itu memiliki sentuhan magis lainnya yang membuat dia begitu sukses.

“Dia sangat teliti dalam membangun brand image David Beckham. Perlu diketahui nama David Beckham sebagai sebuah brand itu sudah berlansung hingga puluhan tahun,” ujar Andy Milligan, penulis buku Brand it Like Beckham.

Roma tidak dibangun dalam semalam. Begitu juga denganbrand image David Beckham. Ada banyak orang bergerak di belakang layar yang membuat merek David Beckham begitu sangat menjual. Salah satunya adalah Simon Fuller. Tim yang ada di belakang David Beckham memikirkan dengan matang segala tindakan pria yang pernah membela klub Manchester United itu. Perpindahan David Beckham ke Real Madrid juga bukan sebuah tindakan impulsif karena pertikaiannya dengan pelatih Manchester United saat itu, Sir Alex Ferguson.

Pengamat Public Relation Mark Borkowski menduga perpindahan tersebut merupakan langkah awal David Beckham untuk bisa bergerak lebih dari sekadar bermain bola. Di Manchester United, imageDavid Beckham akan terkungkung oleh nama besar Manchester United karena filosofi Sir Alex Ferguson tidak ada orang yang lebih besar selain Manchester United itu sendiri.

Branding image yang dilakukan David Beckham juga sudah tahan ujian. Masih banyak orang ingat ketika sebuah tabloid Inggris melaporkan skandal asmara David Beckham di luar pernikahannya dengan Victoria Beckham.

Nama yang paling jadi sorotan adalah skandalnya dengan Rebecca Loos. Saat skandal tersebut mencuat David Beckham merespons dengan menunjukkan keutuhan keluarga David Beckham.

Seolah-olah skandal tersebut merupakan upaya untuk meruntuhkan keharmonisan keluarga David Beckham. Kemampuan inilah yang menurut Mark Borkowski menjadikan David Beckham memiliki kekuatan global yang seutuhnya.

“Dia menangani media dengan sangat baik. Dia malah menjadi wakil Inggris yang sangat dihormati,” terangnya. Kemampuan menjaga merek ini juga diimbangi dengan kelihaian David Beckham dalam berbisnis.

Saat ini mesin uang David Beckham dimotori oleh tiga perusahaan yakni Footwork Productions, Beckham Brand dan Beckham Ventures. Di antara berbagai langkah cerdas yang dilakukan David Beckham yang paling menentukan kejayaan The Beckhams adalah sosok istrinya, Victoria Beckham.

Menurut Mark Borkowski sosok Victoria melengkapi puzzlekesuksesan David Beckham. “Dia sangat penting karena tanpa ada kehadiran Victoria Beckham, David Beckham tidak akan sampai seperti ini,” ujarnya.

Victoria Beckham jadi sosok yang sentral bukan karena hanya dia mampu menangani masalah-masalah keluarga dengan baik dan tanpa kontroversi. Dia juga berhasil karena menyempurnakan imej David Beckham.

Sosok Victoria yang awalnya dikenal sebagai gadis ceria dari Spice Girls bertransformasi menjadi sosok klasik di dunia fashion. Namanya begitu mendunia bukan karena kemampuannya mengolah pita suara tapi saat memainkan pena desain. Victoria Beckham kini menjadi sebuah label dunia yang begitu dicari semua orang.

Dia sendiri memilih membuat sebuah busana high end yang berkelas dan klasik. Citra ini sejalan dengan citra yang ditampilkan oleh David Beckham. Selama Victoria Beckham terus berkaya, David Beckham akan terus menerima imbasnya.

Tidak heran jika Mark Borkowski mengatakan imej David Beckham tetap akan menguntungkan hingga 20 tahun ke depan. “Dia malah sudah melanjutkan imej tersebut ke anak-anaknya. Sekarang lihat anak-anaknya yang sudah dikontrak oleh berbagai merek dunia. Dia akan terus meng hasilkan uang,” pungkas Mark Borkowski. (Wahyu Sibarani)

 

sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment