Search

De Gea Dipercaya Pelatih Spanyol Memperkuat Skuat Spanyol

BABEBOLA.COM – Tim Nasional (Timnas) Spanyol gagal meraih kemenangan dalam laga uji tanding kontra Swiss, Senin (4/6/2018) dini hari WIB. Bermain di Estadio de la Ceramica, Spanyol, Tim Matador hanya bermain imbang 1-1.

Salah satu faktor yang memengaruhi hasil akhir laga itu adalah kesalahan dari penjaga gawang Spanyol, David de Gea. Ya, Anda tidak salah baca: De Gea melakukan blunder. Padahal, sebagai kiper yang tampil ciamik untuk Manchester United sepanjang musim, jarang-jarang De Gea bikin kesalahan.

Pada laga tersebut, De Gea tak lengket menangkap tendangan dari Stephan Lichtsteiner. Bola yang terlepas kemudian disambar oleh Ricardo Rodriguez. Swiss pun berhasil membuat kedudukan menjadi sama kuat setelah sebelumnya Spanyol mencetak gol melalui Alvaro Odriozola.

Mengherankan, memang, bila mendengar De Gea melakukan blunder dalam sebuah pertandingan. Pasalnya, penjaga gawang Manchester United ini terhitung jarang sekali membuat blunder yang berujung gol untuk lawannya.

Musim lalu bersama United, De Gea menampilkan permainan yang menawan. Total ada 90 penyelamatan yang dibuatnya dalam 37 penampilan di Premier League. Catatan tersebut menunjukkan dua hal: buruknya pertahanan United dan sigapnya De Gea ketika bermain di belakang pertahanan yang buruk.

Tidak hanya itu, penjaga gawang berusia 27 tahun itu juga berhasil melakukan clean sheet pada 15 pertandingan. Catatan tersebut membuatnya mendapatkan penghargaan Golden Glove dari Premier League.

Bersama Timnas Spanyol, penampilan De Gea juga bisa dibilang baik. Ambil contoh pada laga debutnya, Juni 2014. De Gea langsung melakukan clean sheet di laga perdananya itu dengan membantu Spanyol menang 2-0 atas El Salvador –kendati hanya tampil 10 menit.

Total, De Gea sudah bermain sebanyak 28 kali untuk Timnas Spanyol dan menorehkan 14 kali clean sheet.

Well, meski De Gea melakukan blunder dirinya tetap mendapatkan kepercayaan yang lebih dari pelatih Spanyol, Julen Lopetegui. Mantan pelatih FC Porto itu akan tetap memakai jasa De Gea dalam gelaran Piala Dunia mendatang.

“David tahu saya akan terus memercayai dia dalam beberapa pertandingan ke depan. Tidak ada yang meragukan kemampuannya,” tutur Lopetegui seperti dilansir Football Espana.

“Ketika kami tidak menang, selalu ada hal-hal yang harus kami perbaiki. Kami sedang melakukan persiapan untuk Piala Dunia dan kami harus terus bekerja dan bersiap,” lanjutnya.

Sebelum Piala Dunia dimulai, Spanyol masih akan melakoni satu laga uji tanding lagi, yakni menghadapi Tunisia pada 10 Juni mendatang. Setelahnya, Spanyol baru akan melakukan pertandingan perdananya menghadapi Portugal pada 16 Juni 2018.

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment