Search

Demi Jadi Selebgram, Cewek Ini Berhutang Ratusan Juta Rupiah

BABEBOLA.COM-Kita sudah tahu kalau motto “living within your means” itu penting banget buat hidup yang damai. Namun seorang cewek ini harus belajar tentang hal itu dengan cara yang sulit. Lissette Calveiro, cewek 26 tahun yang tinggal di New York ini mengaku baru saja keluar dari hutang $10,000 atau setara 130 juta rupiah ke atas hanya untuk menjaga reputasinya di media sosial.

 

1. Nggak murah buat jadi insta-famous

Dilansir dari New York Post, Lissette bilang kalau selai dari menghabiskan $200 untuk belanja baju bulanan (untuk menghindari terlihat memakai pakaian yang sama) dan ribuan dollar untuk tas dan aksesoris (karena harus branded, of course), dia juga harus travelling ke berbagai lokasi baru setiap bulannya dalam satu tahun (untuk ngumpulin geofilternya Snapchat). Dia juga bilang kalau satu dari purchase dia terbesar di tahun 2016 adalah tiket pulang pergi ke Austin, Texas, untuk konser Sia yang membuat dia menghabiskan $700 atau setara delapan juta rupiah.

 

2. Masa bertaubat

Beruntungnya, pindah ke Manhattan membuat dia bisa merefleksikan gaya hidupnya (New York adalah kota dengan biaya hidup paling mahal) Empat belas bulan berlalu, dibantu dengan financial coach, dan perubahan gaya hidup yang signifikan, Lissette akhirnya bisa membayar hutangnya secara penuh. Dan sementara dia senang karena bisa debt free lagi, dia berbagi cerita dan penyesalannya karena tidak menabung untuk masa depan. “Aku punya banyak sekali kesempatan untuk menabung… aku bisa investasi uang tersebut untuk hal yang lain.”

 

3. Hikmah yang bisa dipetik

Mau itu kamu mau atau tidak menjadi selebgram, kita semua pasti bisa merasakan dengan gimana irinya melihat hidup orang lain di media sosial kan? Nah, kalau kamu khawatir dengan cara kamu menghabiskan uangmu, ini cara terbaik supaya kasus Lissette tidak kejadian di kamu. Pertama, stop membandingkan hidup kamu dengan orang lain. Setelah apa yang dia lalui, Lissette sekarang menyemangati perempuan dimanapun untuk lebih sadar finansial, dan tidak membiarkan tekanan media sosial untuk menjalani gaya hidup yang membuat bangkrut ini. “Nggak ada satu orang pun yang membicarakan soal finance di Instagram,” dia bilang. “Ini yang mengkhawatirkanku soal seberapa besar cewek-cewek di luar sana yang hanya peduli dengan image.”

 

Studi dari Universitas Kopenhagen menyatakan bahwa, terlalu sering membuka Facebook atau media sosial akan membuat kamu nggak bersyukur dengan hidup kamu. Jadi kalau di lain waktu kamu iri dan benci lihat foto travelling teman kamu tapi di waktu yang sama kamu ngecek situs tiket pesawat murah (ironis kan?), ingat-ingat quotes dari Steven Furtick ini: ” Alasan kenapa kita selalu berjuang mengalahkan insecurity adalah karena kita membanding behind-the-scene kita dengan film utama orang lain.”

 

4. Intinya niat

Stop menyesuaikan gaya hidup kamu dengan seberapa banyak uang atau limit credit card yang kamu punya. Jangan mendasarkan belanja kamu dengan seberapa banyak semua uang di rekening atau limit cc kamu di bank. Memang sih rasanya pasti enak sekali dinner di tempat fancy setelah pulang kantor, tapi ingat juga kalau hutang tuh biasanya mulai dari yang kecil-kecil. Untuk setiap gajian, pastikan kamu selalu sisihkan tabungan yang bisa dihemat dan jangan diganggu gugat.

Terakhir, pasang budget bulanan yang realistis. Kamu harus mendetail soal belanja bulanan kamu dan jangan hanya soal kebutuhan pokok. Masukkan juga dana seberapa banyak kamu belanja, budget senang-senang, bahkan kategori untuk keperluan rumah tangga yang kecil-kecil. Kalau kamu nggak tahu mulai dari mana, mulai dari dana harian kamu, lalu observasi sifat kamu minggu ke minggu. Percaya deh, saat kamu sudah melakukan ini, kamu bakal kaget seberapa banyak belanja spontan kamu jadi numpuk dan kamu harus tahu dimana kamu mulai memangkas biaya. Semangat ya!

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment