Search

di Gunung Semeru,Muncul Es

BABEBOLA.COM Gunung Semeru, Jawa Timur menjadi primadona para pendaki dengan segala pesonanya.

Mulai jalur pendakian yang cukup landai, Ranu Kumbolo yang merupakan danau di atas ketinggian, hingga padang Verbana brasiliensis di padang Oro-oro Ombo.

Deretan hal menakjubkan ini jadi bonus tersendiri bagi para pendaki.

Namun, bagi kamu yang hendak mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa dalam waktu dekat-dekat ini, maka wajib waspada!

Tak lain karena munculnya es di jalur menuju puncak Gunung Semeru, Rabu (11/4/2018).

Hal ini diketahui dari postingan yang diunggah akun Instagram Sahabat Volunteer Semeru, @saverindo.

Dalam postingan itu menyertakan potret gumpalan frost atau es yang ditemukan Choirul Rizal Falashi, seorang pemandu gunung berpengalaman.

Frost terbentuk karena suhu yang sangat rendah.

Sehingga kepada siapa pun yang hendak mendaki Gunung Semeru, harus mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan matang.

Bahkan ia melihat jejak pendaki yang sebelumnya naik terlihat sangat jelas.

Berikut postingan @saverindo selengkapnya:

“BEKU

foto hasil jepretan mas @choirulfalashi (salah satu guide gunung yg berpengalaman) menginfokan kondisi jalur ke puncak semeru pagi ini Rabu 11 april 2018, beberapa titik terlihat terjadi frost karena suhu yg sangat rendah, bahkan jejak kaki pendaki sebelumnya-pun terlihat jelas, dan tidak terukur pasti dititik berapa suhunya.

Peringatan buat semuanya yg ada agenda ke Semeru dlm waktu dekat agar mempersiapkan segala sesuatunya dgn baik dan matang tentang fisik dan peralatan pendakian yg standart, jangan gegabah dan meremehkan hal sekecil apapun di gunung, karena tujuan kita yg utama adalah kembali pulang.”

Postingan ini pun kemudian di-repost akun pendaki lainnya dan menjadi viral di kalangan netter.

Banyak yang mengomentari temuan tersebut, termasuk membagikan pengalaman saat mendaki Semeru, beberapa waktu belakangan.

@aradea_kembara: Hati-hati kawan. . . Suhu memang sangat extreme pas pagi tgl 11 april 2018 itu. . . . Saya dn rombongan pertama yg sampe puncak jam stengah 4pagi. . . Suhu memang minus. . . Sempat heran knpa butiran es nya cuma ada d bekas telapak saja. . Tapi di puncak tidak, . . . Sblmnya kalimati memang di guyur hujan malmnya sampe jam 23:30 an. . . . Mungkin es nya numpuk di bekas telapak. .

@rohim_kareem: Subhanallah dinginnya kayak apa itu.

@friyan_apriyana: Ingat..jngn hanya ingin mendaki dan sekedar selfie,,..jaga dan lestarikan kekayaan alam di negri ini… jngn lupa bawa turun kembali sampah2mu.

@armadjati_danang: Saya pernah ngalamin ini pas di semeru.. jarang” bngt sihh sprti ini.. kok di jln puncak, di ranukumbolo aja pernah muncul kembang es.. menyenangkan emng semeru..

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment