Search

Dovizioso: Sudah jelas Ducati bikin kesalahan

Dovizioso: Sudah jelas Ducati bikin kesalahan

Babebola.net – Seperti Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso menjalani balapan MotoGP Ceko di Automotodrom Brno akhir pekan lalu dengan strategi flag-to-flag yang tak tepat hingga harus puas finis keenam. Dovizioso mengakui ia dan Ducati Corse salah memprediksi kondisi balapan yang dimulai dengan kondisi basah, namun mulai kering pada Lap 3.

Sama pula seperti Lorenzo, Dovizioso mengira lintasan Brno akan butuh waktu lama untuk kering, dan hal ini membuat Ducati memutuskan tetap mengaplikasikan setup basah pada motor kedua. Yang terjadi, justru lintasan cepat mengering, hingga kru Ducati harus cepat-cepat mengubah setup motor kedua ke kondisi kering.

“Hari ini kami melakukan kesalahan, semua orang. Kami tak punya strategi yang baik, tapi memang sulit. Anda harus mengambil keputusan soal motor kedua 1-2 jam sebelum balapan dimulai, yakni soal apakah Anda ingin ganti motor sejak awal, atau usai lap kelima, atau ban mana yang Anda inginkan,” ujar Dovizioso kepada Crash.net.

Motor kedua pun baru siap pada Lap 5, dan rider Italia itu segera masuk ke pit. Sayang, Dovizioso yang tadinya berada di posisi ketiga, terjun bebas ke posisi 16 usai mengganti motor. “Biasanya lintasan ini mengering dengan lambat. Terbukti dari tahun lalu. Tapi kali ini situasinya tak sama. Strategi yang sudah kami siapkan salah kaprah untuk kondisi yang kami temui,” ungkapnya.

Motor kedua Dovizioso pun dipasangi ban slick depan dan belakang dengan komponen lunak, dan menurutnya ini keputusan yang tepat meski dirinya terlambat mengganti motor. Dari posisi 16, rider berusia 31 tahun ini akhirnya berhasil comeback dan finis keenam.

“Saya terlambat masuk pit, pertama karena motor kami belum siap, dan kedua karena sebelumnya saya merasa tak perlu masuk pit. Ketika berkendara, sangat sulit mengambil keputusan ketika lintasan masih setengah-setengah. Marc Marquez, seperti biasa, nyaris overlimit tapi selalu sukses. Strategi Marc dengan saya berjarak tiga lap, jadi jelas kami melakukan kesalahan,” pungkasnya

 

Sumber : Merdeka.com

Written by 

Related posts

Leave a Comment