Search

Empat Alat Elektronik yang Sebaiknya Ada di Rumah Anda

BabeBola.com – Memilih perabot apa saja yang ada di rumah, memang sepenuhnya merupakan keputusan si pemilik rumah.

Ada yang memilih memilih menghindarkan rumahnya dari segala perangkat elektronik di rumahnya karena dianggap boros energi.

Namun ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan menghindarkan rumah dari perangkat elektronik, karena sebenarnya ada empat alat elektronik yang sebaiknya memang tetap ada di rumah. Berikut daftar dan penjelasannya.

1. Kipas angin
Kipas angin berfungsi untuk menyejukkan kondisi udara saat suhu di rumah mulai terasa panas atau gerah.

Menurut Business Manager Dekoruma, Rafi Sarumaha, akan lebih baik jika membeli kipas angin yang digantung. Kipas angin dengan model seperti ini menghindari angin terus mengenai badan, karena angin yang terus mengenai badan tidak terlalu baik untuk kesehatan.

Kipas angin berfungsi untuk menyejukkan kondisi udara saat suhu di rumah mulai terasa panas atau gerah.
Kipas angin berfungsi untuk menyejukkan kondisi udara saat suhu di rumah mulai terasa panas atau gerah. (ISTIMEWA)

Kipas angin juga bisa membantu penghuni rumah ketika sedang dalam tahap akhir bersih-bersih rumah. Lantai yang selesai dipel atau perabot yang baru saja dibersihkan dengan kain basah, bisa dikeringkan dengan mudah menggunakan kipas angin.

“Pastikan tahu cara memasang kipas di langit-langit agar tidak goyah sehingga tidak membahayakan keselamatan penghuni,” ujar Rafi.

2. Kulkas
Lemari es atau yang biasa disebut kulkas adalah satu di antara alat eletronik yang tak boleh diabaikan. Keberadaan alat ini sangat penting untuk menjaga kualitas bahan makanan di rumah agar tetap dalam kondisi terbaik.

Kulkas
Kulkas berguna untuk menjaga kualitas bahan makanan di rumah agar tetap dalam kondisi terbaik.

Bayangkan, bagaimana caranya bisa menyimpan daging atau ikan segar jika tidak ada kulkas?

“Untuk menghemat energi dan tidak merusak lingkungan, yang perlu diperhatikan adalah daya dari kulkas yang digunakan. Saat ini, ada banyak kulkas yang menawarkan kelebihan dalam urusan penghematan energi, dengan kualitas performa yang sama,” jelas Rafi.

Bagi yang memiliki kulkas satu pintu, akan tiba masanya kulkas penuh dengan bunga es. Karenanya, kulkas harus dibersihkan secara rutin agar tetap berfungsi optimal.

3. Setrika
Setrika merupakan alat elektronik yang dibutuhkan untuk membuat penampilan lebih rapi dan sedap dipandang.

Jika mempertimbangkan masalah penghematan energi, cobalah mengubah gaya mencuci dengan tak terlalu keras memeras cucian. Karena cucian yang diperas terlalu keras akan tampak lebih kusut saat kering sehingga akan membutuhkan energi setrika yang lebih banyak untuk merapikannya.

Setrika

“Selain itu, gunakanlah setrika yang hemat listrik sehingga ketika setrika terlalu panas akan mati sebentar. Hal ini juga bisa mengurangi panas yang berlebihan dan baju tidak mudah rusak atau pudar,” kata Rafi.

4. Blender
Blender bisa membantu mempercepat proses memasak, seperti bahan dan bumbu yang seharusnya diulek, bisa diblender saja untuk hasil yang kurang lebih sama.

Jika memiliki anak kecil di rumah, blender akan sangat bermanfaat karena bisa membuat jus untuk membujuk anak yang susah makan buah. Atau, menyiapkan pure sayuran untuk melengkapi kebutuhan gizi anak yang masih bayi.

Dengan begitu, semua kebutuhan 4 sehat 5 sempurna si kecil dapat dipenuhi tanpa khawatir anak tidak mau makan.

 

 

 

 

 

SUMBER

Written by 

Related posts

Leave a Comment