Search

Galaxy S9 Plus, Smartphone Berkelas Pencipta Momen Epik

BABEBOLA.COM – Akhir Februari, Samsung merilis flagship smartphone terbarunya, Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Peningkatan yang diusungnya pada seri ini ada di bidang kamera.

Ya, keunggulan kamera adalah nilai jual utama pada Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus.

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk menjajal perangkat ini dan me-review-nya. Berikut adalah hasil review singkat Galaxy S9 Plus yang punya kamera ganda di bodi belakang.

Sekadar informasi, Galaxy S9 Plus yang kami review adalah Lilac Purple, varian baru pada seri Galaxy S dengan RAM 6GB dan kapasitas penyimpanan 64GB.

1. Bodi dan Layar

Secara bodi, tidak terlihat ada perbedaan menonjol antara Galaxy S9 Plus dengan pendahulunya, Galaxy S8 Plus. Keduanya sama-sama mengusung desain bezelless tanpa tombol Home atau yang dikenal dengan Infinity Display oleh Samsung.

Secara fisik, Galaxy S9 Plus punya layar seluas 6,2 inci dengan aspek rasio 18,5:9. Pada kedua sisi layar terdapat lengkungan atau edge yang membuat layar makin terasa luas.

Galaxy S9 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Meski kelihatannya tidak ada perbedaan bodi depan Galaxy S8 Plus dengan Galaxy S9 Plus, sebenarnya bezel bawah smartphone ini lebih tipis dibanding pendahulunya.

Pembeda utama kedua smartphone ini justru terletak pada bodi belakangnya. Ya, Samsung mengklaim telah mendengarkan masukan konsumennya dan memindahkan pemindai sidik jari ke bawah kamera. Sebelumnya pemindai sidik jari ditempatkan di sebelah kanan kamera.

Konsekuensinya, pengguna kini lebih mudah menjangkau pemindai sidik jari dan membuka lock screen perangkat.

Perbedaan lainnya, terdapat dua kamera pada bodi belakang Galaxy S9 Plus. Selebihnya, Samsung masih menggunakan material kaca diflagship smartphone-nya itu.

Sisi belakang Galaxy S9 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Terkait tombol-tombol, tidak ada perbedaan peletakannya dibandingkan Galaxy S8 Plus. Pada sisi kanan masih terdapat tombol Power yang juga difungsikan sebagai tombol kunci.

Sisi samping Galaxy S9 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Pada sisi kiri, terdapat tombol volume up dan down. Kemudian di samping tombol volume, terdapat sebuah tombol Bixby yang berfungsi membangunkan asisten virtual Samsung Bixby.

Sisi samping Galaxy S9 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kemudian, pada sisi atasnya terdapat slot SIM card hybrid yang juga bisa digunakan untuk memasukkan microSD. Ada juga dua garis antena di kedua sisi atasnya.

Sisi atas Galaxy S9 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Beralih ke sisi bawah, salah satu hal baik pada Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus adalah smartphone ini dilengkapi dengan jack audio 3,5mm. Disampingya, terdapat port USB tipe C yang berfungsi untuk pengisian daya dan transfer data.

Hal baru pada Galaxy S9 Plus adalah kehadiran speaker di samping port USB tipe C. Audio Galaxy S9 Plus telah mengadopsi teknologi milik AKG yang beberapa waktu lalu diakuisisi oleh vendor teknologi Korea Selatan itu.

Sisi bawah Galaxy S9 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Galaxy S9 Plus seperti pendahulunya, dibekali teknologi layar Super AMOLED yang membuat output di layar menjadi lebih penuh warna, cerah, jernih, dan sangat menyenangkan untuk dilihat.

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment