Search

Gara-gara Durian, Penerbangan Wings Air Sibolga-Kualanamu Delay 30 Menit Sabtu, 24 Februari 2018 15:15 WIB

BABEBOLA – Jadwal penerbangan maskapai Wings Air dengan nomor IW 1257 rute Sibolga-Kualanamu harus mengalami keterlambatan hingga 30 menit akibat aroma durian.

Capt. Redi Irawan, Operations Director Wings Air, dalam keterangan pers yang diterima Tribunnews, mengatakan, kejadian ini berawal dari laporan awak kabin (flight attendant/FA) yang mencium bau pekat durian di area kabin pesawat pada Jumat (23/2/2018).

Petugas lalu menanyakan kepada seluruh penumpang melalui pengeras suara (interphone), tapi tidak ada satu pun penumpang mengaku.

Petugas akhirnya memutuskan untuk melakukan pemeriksaan ulang pada bagasi dan barang bawaan penumpang,

Setelah dilakukan pemeriksaan kembali (screening) pada seluruh penumpang, bagasi, dan barang bawaan melalui mesin x-ray di terminal keberangkatan.

Petugas awak kabin akhirnya menemukan dua kardus beraroma durian tepat di bawah kursi 17 ACD.

Tiga penumpang dibawa ke gedung terminal dengan tujuan dilakukan interogasi, karena salah satu penumpang awalnya tidak mengetahui isi barang bawaan tersebut.

Pihak avsec meminta agar membuka isi kardus yang disaksikan oleh ketiga penumpang dan Wings Air.

Hasil keputusannya, sesuai permintaan ketiga penumpang beserta bagasi dan barang bawaan tidak diterbangkan menuju Kualanamu.

Sesuai tiket yang tertera, ketiganya akan melanjutkan penerbangan (connecting flight) menuju Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batu Besar, Batam (BTH).

Wings Air memberikan kemudahan penjadwalan ulang keberangkatan (rescdhule) tiket rute Kualanmu –
Batam keesokan harinya.

Hal ini berdasarkan pengakuan ketiga penumpang atas kesalahan dan meminta maaf. Mereka berkomitmen tidak melakukan tidak serupa lagi.

Dari proses dan situasi ini menyebabkan keterlambatan (delay) 30 menit. Rute penerbangan lainnya yang terkena dampak dari kejadian ini, telah diminimalisir.

Durian, terasi, nangka dan barang yang menimbulkan aroma sangat menyengat dan menempel di kabin pesawat, dilarang untuk dibawa karena mengganggu kenyamanan perjalanan.

Written by 

Related posts

Leave a Comment