Search

Gara-gara Makan Daging Walrus, 10 Orang Terinfeksi Cacing Parasit

Gara-gara Makan Daging Walrus, 10 Orang Terinfeksi Cacing Parasit

 

BabeBola.net, Jakarta – Sejak Juli 2016 hingga Mei 2017 tercatat sudah ada sekitar 10 orang yang dilaporkan terinfeksi oleh cacing parasit langka bernama Trichinella. Penyebabnya diduga karena orang-orang memakan daging dari hewan walrus yang terinfeksi.

Iklim dingin di Alaska memang merupakan habitat alami untuk walrus sehingga sudah tidak asing lagi bagi penduduknya bergantung pada daging walrus sebagai sumber protein. Hanya saja kasus parasit ini muncul menurut laporan karena daging tidak dimasak dengan sempurna.

Dalam laporan yang dipublikasi oleh Lembaga Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), kasus parasit Trichinella baru ketahuan ketika satu remaja perempuan memeriksakan dirinya ke dokter pada Agustus 2016. Kepada dokter sang remaja mengeluh mengalami demam, pembengkakkan kaki, kesulitan berjalan, dan rasa lemah.

Orang tua dan saudara-saudaranya yang lain juga menemani sang perempuan ke fasilitas kesehatan dengan keluhan serupa.

“Hasil pemeriksaan darah menunjukkan tiga pasien mengalami eosinophilia, sebuah gejala yang umum ditemukan pada kasus infeksi parasit. Dua pasien dilaporkan mengalami peningkatan kinase, tanda adanya inflamasi pada otot,” tulis CDC seperti dikutip Senin (10/7/2017).

Cacing Trichinella ketika dikonsumsi akan menembus sistem pencernaan dan menginfeksi jaringan lain di dalam tubuh seperti otot untuk berkembang. Pada tahap awal infeksi cacing dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di perut, diare, dan mual. Setelah itu ketika sudah menginfeksi jaringan tertentu cacing dapat memicu gejala demam, pembengakkan, hingga nyeri di lokasi tempat terjadinya infeksi.

Pada kasus yang terjadi pada sang perempuan dan keluarganya dokter memberikan obat anticacing untuk membunuh sang parasit.

CDC mengimbau agar orang-orang lebih waspada bila mengonsumsi daging hewan liar. Selalu pastikan bahwa daging dimasak dengan sempurna untuk membunuh bakteri atau parasit berbahaya yang mungkin ada.

 

Sumber : Detik.com

 

Written by 

Related posts

Leave a Comment