Search

Gawat! Barcelona Terancam di Depak Dari La Liga

Nasib Barcelona di ujung tanduk. Apa pemicunya?

Gawat! Barcelona Terancam di Depak Dari La Liga

BabeBola.netJAKARTA Kabar mengejutkan datang dari Spanyol. Sebab Barcelona terancam di depak dari La Liga, liga level tertinggi di Spanyol. Hal ini menjadi buntut dari upaya Catalunya yang akan referendum dari Spanyol. Mereka akan mengumumkan kemerdekaannya pada 1 Oktober 2017 mendatang. Dilansir dari Reuters, upaya referendum Catalunya terus mendapat penolakan dari Spanyol yang ingin mempertahankannya sebagai bagian dari negaranya.

Namun Pemerintah dan warga Catalunya terus melakukan aksi besar-besaran dengan membuat voting. Diperkirakan hasil pemungutan suara sebesar 80% lebih setuju mendukung referendum itu. Bertolak belakang dengan Catalan. Pemerintah Spanyol menggambarkan pemungutan suara tersebut sebagai antidemokrasi, ilegal dan tidak berguna. Mereka menolak untuk bernegosiasi, pengadilan konstitusional telah memblokir referendum kemudian memblokir sebuah “konsultasi” formal, dan boks pemungutan suara tersebut dapat diajukan secara teoritis.

Akan banyak yang terjadi jika Catalunya sudah referendum dari Spanyol. Seperti nasib akan di depaknya Barcelona dari La Liga. Undang-undang olahraga di Spanyol menyatakan bahwa hanya satu negara non-Spanyol yang bisa bermain di La Liga atau kompetisi resmi sepak bola Spanyol yakni negara Andorra.

Selain Barcelona, klub seperti Espanyol, Gimnastic, Girona, dll terancam tidak bisa mengikuti kompetisi di Spanyol. Apa yang akan terjadi bagi Barcelona?

Barcelona tidak akan mengikuti La Liga.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, Barcelona dipastikan tidak bisa mengikuti berbagai kompetisi resmi di Spanyol. Barcelona adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Catalunya. Kemungkinan Barcelona akan main di kompetisi Catalunya.

Real Madrid akan mengudeta La Liga.

Dengan ketidakhadiran Barcelona di La Liga membuat kemungkinan Real Madrid akan mengudeta La Liga. Seperti kita ketahui Barcelona adalah rival sejati dari Real Madrid. Mereka selalu saling menyalip untuk juara di La Liga. El Classico sendiri menjadi tontonan menarik bagi para pecinta sepak bola dunia karena pertandingan itu penuh gengsi.

Nah, kalau sampai itu terjadi, kemungkinan akan jarang terjadi pertandingan seperti El Classico.

Barcelona juga tidak bisa mengikuti Liga Champion.

Selain La Liga, Liga Champion juga tidak bisa mengikutsertakan Barcelona dalam turnamen tahunan ini. Jika Catalunya benar memutuskan untuk referendum dari Spanyol dan mengumumkan kemerdekaannya, maka Liga Champion tidak bisa mengajak Barcelona untuk mengikuti turnamen itu.

Karena untuk sebuah negara yang baru merdeka membutuhkan proses mendirikan organisasi olahraga sepakbola nasional. Itu adalah format penting dari Liga Champion. Jadi, sebelum berdirinya organisasi tersebut, maka Barcelona pun harus rela absen dari Liga Champion.

Barcelona akan tampil di liga domestik Catalunya.

Karena permasalahan itu, Barcelona akan bermain di liga domestik Catalunya. Tentunya jauh berbeda dengan La Liga yang atmosfernya begitu besar. La Liga adalah liga terbaik nomor 1 di dunia berdasrkan data ini dikeluarkan oleh Internasional Federation of Football History and Statistic (IFFHS) di tahun 2016. Sedangkan Barcelona adalah klub terbaik dengan berbagai prestasi yang telah diraihnya. Ini akan merugikan bagi Barcelona karena tidak bisa tampil di La Liga. Kemungkinan lainnya Barcelona jika bermain di liga domestik Catalunya akan mengkudeta liga tersebut.

Timnas Spanyol akan ditinggal para pemainnya.

Referendum dari Spanyol juga akan mengubah susunan Timnas Spanyol. Kesebelasaan Spanyol sering percaya dan memanggil para pemainnya dari Barcelona. Seperti, Gerard Pique dan Sergio Busquets yang tidak bisa bermain untuk Timnas Spanyol karena lahir dari Catalunya. Spanyol pun akan kehilangan kekuatan intinya.

Sangat disayangkan jika hal ini benar terjadi. Kita sebagai fans Barcelona dan penikmat sepak bola akan merasa kehilangan Barcelona tampil di La Liga dan kompetisi lainnya. Menurutmu bagaimana nanti nasibnya Barcelona?

Well, kita tunggu saja nanti kepastian antara Catalunya dan Spanyol pada bulan Oktober nanti.

Forca Barca!

 

Sumber : BabeBola

Written by 

Related posts

Leave a Comment