Search

Hari Pahlawan Jadi Momentum Perkokoh Persatuan untuk Membangun Negeri

BABEBOLA-‎ Setiap tahun hari pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November selalu diperingati seluruh elemen bangsa Indonesia.

Begitupun dengan peringatan hari pahlawan 10 November 2017 yang akan turut dirayakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

‎Ketua Umum Hari Pahlawan Nasional 2017, Agus Tansil ‎mengatakan, pada tahun ini perayaan untuk menghormati jasa-jasa pejuang bangsa diberi tema ‘Perkokoh Persatuan untuk Membangun Negeri’.

Menurutnya, tema tersebut diambil dengan harapan momentum peringatan tahun ini bisa membuat semakin bersatu padu membangun negeri.

“Latar belakang sejarahnya, kita pernah dijajah dengan cara devide et impera (adu domba), sehingga semangat persatuan dan kesatuan bangsa harus terus dijaga dan fditingkatkan. Kita tak mau lagi sejarah penjajahan dengan cara devide et impera kembali terulang,” kata Agus dalam diskusi di Gedung ‎Kemenkominfo, Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Agus menuturkan, bentuk perjuangan para pejuang jaman penjajahan dulu, adalah untuk mengantarkan kemerdekaan Indonesia. Sehingga, kemerdekaan itu sekarang bisa dinikmati oleh generasi penerusnya untuk bisa mengisinya secara baik.

“Meskipun harus diakui, kedaulatan belum sepenuhnya bisa dirasakan karena masih masih dirongrong oleh pihak-pihak tertentu. Kita harus berhati-hati dan terus bersatu untuk bisa menguasai kedaulatan,” tuturnya.

Menurut Agus, pada perayaan hari pahlawan esok hari akan turut dilakukan tabur bunga sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pejuang bangsa. Tabur bunga tersebut akan dilakukan di ‎laut dan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

“‎Kita mempunyai hutang sejarah dengan para pahlawan. Pahlawan kita banyak bergelar insinyur dan Drs tapi mereka mau keluar dari zona nyaman untuk berjuang,” imbuhnya..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SUMBER:

Written by 

Related posts

Leave a Comment