Search

Hari Terakhir Pendaftaran CPNS 2018, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

CPNS

Hari Terakhir Pendaftaran CPNS 2018, Apa Saja yang Harus Disiapkan? – KOMPAS.com – Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) masih dibuka pada hari terakhir ini, Senin (15/10/2018), hingga pukul 23.59 WIB.

Menurut informasi terbaru Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Minggu (14/10/2018) pukul 17.10 WIB, total pelamar yang telah mendaftar sebanyak 4.349.780 orang.

Sementara, untuk pelamar yang telah selesai mendaftar atau yang sudah mengirim berkas ada 3.213.015 orang.

Sebelum pendaftaran CPNS 2018 ditutup, cek dahulu apa saja yang harus disiapkan.

1. Cek foto diri
Pelamar CPNS 2018 paling tidak harus mengunggah dua foto diri. Pertama, foto formal yang digunakan untuk berkas kartu informasi akun SSCN. Kedua, untuk swafoto.

Salah satu persyaratan terbaru di CPNS 2018 yakni unggah foto diri atau swafoto. Adapun foto diri yang dimaksud adalah foto formal dengan memegang KTP dan kartu informasi akun SSCN.

Pastikan pelamar tidak lupa mengunggah foto diri ini agar proses pendaftaran segera terselesaikan.

2. Cek berkas TOEFL

Beberapa pihak kementerian/lembaga/daerah telah mengumumkan sejumlah formasi dan jabatan yang tersedia pada seleksi CPNS 2018.

Ada juga K/L/D menetapkan nilai TOEFL sebagai salah satu syarat bagi pelamar CPNS 2018, antara lain Kementerian ESDM, BKN, Kementerian PUPR dan Kemenpan RB menetapkan skor TOEFL minimal 450.

Selanjutnya, untuk Kementerian Luar Negeri menetapkan skor TOEFL sebesar 550.

Untuk Kementerian BUMN menetapkan 3 tipe skor TOEFL, meliputi TOEFL Paper minimal skor 450, TOEFL CBT minimal skor 150, dan TOEFL IBT skor minimal 53.

Kemudian, cek juga tanggal penerbitan sertifikat tes TOEFL.

3. Cek apakah berkas Anda corrupt

Jika pelamar telah mengirimkan seluruh berkas, namun berkas yang telah dikirimkan ternyata tidak dapat terbaca oleh pihak BKN maka sebaiknya mengecek ulang dokumen. Periksa lagi, apakah statusnya sudah aman atau file corrupt.

Untuk mengecek status berkas, calon seleksi peserta CPNS 2018 diimbau untuk login melalui akun yang telah didaftar di situs SSCN.

Apabila dokumen yang diunggah aman, maka muncul notifikasi “Resume Pendaftaran”.

Namun, jika dokumen yang diunggah berstatus tidak terbaca (file corrupt), akan muncul notifikasi untuk unggah ulang dokumen.

Adapun berkas yang tidak terbaca dikarenakan proses pengunggahan tidak sempurna.

“Mungkin ketika proses upload tidak sempurna, koneksi internet pelamar tiba-tiba mati, dan yang lain,” ujar Kepala Biro Humas BKN, Muhammad Ridwan saat dihubungi Kompas.com pada Senin (15/10/2018).

Selain itu, pihak BKN hanya membuka pendaftaran CPNS 2018 terintegritas melalui portal SSCN, sscn.bkn.go.id.

Pemerintah membuka sebanyak 238.015 formasi dari K/L/D untuk CPNS kali ini.

ARTIKEL ASLI

Written by 

Related posts

Leave a Comment