Search

Hati-Hati! 7 Hal Sepele Ini Bisa Membuat Layar Smartphone Kamu Mudah Rusak

BABAEBOLA-Setelah era smartphone, ponsel tidak lagi memiliki keypad untuk mengoperasikannya. Saat ini semua smartphone yang dijual di pasaran telah menggunakan touch screen atau layar sentuh untuk mengoperasikanya, sehingga layar menjadi komponen yang paling penting dalam smartphone. Maka, para produsen smartphone membuat layar jadi kuat dan tidak mudah rusak.

Meskipun sudah dibuat kuat dan tidak mudah rusak, hal-hal sepele bisa saja membuat layar smartphone kamu mudah rusak. Tidak mau layar smartphone kamu rusak? Yuk simak 7 hal sepele yang bisa membuat layar smartphone kamu mudah rusak.

1. Tidak Memasang Anti Gores

Memasang Anti Gores

Banyak orang yang berpikiran bahwa layar mereka sudah menggunakan Gorilla Glass jadi tidak perlu lagi memasang anti-gores. Padahal, Gorilla Glass hanya dapat menahan goresan pada layar smartphone, sehingga tetap saja dapat pecah. Sedangkan dengan memasang anti-gores dapat meminimalisir pecahnya layar ketika terjatuh, terlebih lagi anti-gores yang Tempered Glass.

2. Menekan Layar Smartphone Terlalu Keras

Jangan Tekan Layar Smartphone

Mengoperasikan layar smartphone dengan cara menekannya merupakan hal yang tidak benar, terlebih menekan layar terlalu keras. Perlu diingat bahwa layar smartphone itu adalah touch screen atau layar sentuh, bukannya press screen atau layar tekan. Dengan menekan layar terlalu keras, fungsi sentuhan layar akan terganggu. Selain fungsi sentuhan layar terganggu, pada layar akan terdapat bercak warna yang akan mengganggu.

3. Meletakan Benda Berat di Atas Layar Smartphone

Powerbank Di Atas Layar Smartphone

Beberapa orang sering tidak sadar meletakkan benda-benda di atas layar smartphone mereka. Bahkan ada beberapa orang yang menumpuk barang-barang mereka dengan alas smartphone seperti meletakan Power Bank di atas smartphone mereka sewaktu mengisi daya. Dengan tekanan yang berat pada layar smartphone kamu, pastinya akan mengganggu kinerja layar sentuh smartphone kamu nantinya. Jadi jangan sampai kamu meletakkan benda-benda lain di atas smartphone kamu.

4. Menyimpan Smartphone Satu Tempat dengan Benda Lain

Smartphone Bersama Benda Lain Dalam Tas

Kesalahan yang sering dilakukan adalah menyimpan smartphone bersama dengan barang barang lain. Beberapa orang biasanya tidak sadar menyimpan smartphone di kantong yang sudah ada kunci atau menyimpan smartphone di dalam tas bersama dengan charger smartphone tersebut. Dengan adanya benda-benda keras tersebut di tempat yang sama dengan smartphone, maka akan terjadi gesekan dengan layar smartphone. Selain goresan, layar smartphone bisa juga mengalami benturan dengan benda-benda tersebut.

5. Meletakkan Smartphone dalam Keadaan Layar di Bawah

Layar Smartphone Di Bawah

Ini yang paling sering dilakukan oleh beberapa orang. Meletakkan smartphone dengan keadaan posisi layar di bawah sebenarnya boleh-boleh saja, tapi sebelumnya perlu dipastikan bahwa tempat meletakkan ponsel dalam keadaan bersih. Sebab bila ada kerikil atau benda kasar lain di tempat tersebut, sudah pasti layar smartphone kamu akan tergores. Terlebih lagi bila kamu meletakkannya tidak dengan cara pelan.

6. Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

Terlalu Lama Terkena Sinar Matahari

Menggunakan smartphone langsung di bawah sinar matahari tidaklah baik. Selain smartphone akan cepat panas, layar smartphone akan terpapar sinar ultraviolet terlalu lama dan membuat layar smartphone tersebut terdapat bercak-bercak yang akan mengganggu nantinya.

7. Meletakkan Smartphone di Tempat Lembap

Smartphone Di Tempat Lembab

Untuk barang-barang elektronik, tempat lembap harus dihindari sebab akan cepat merusak komponennya, termasuk smartphone. Tempat lembap bisa saja membuat kurang sensitifnya layar smartphone, ataupun bisa membuat layar smartphone menjadi putih tanpa warna lain.

 

 

sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment