Search

Hebat, Bocah 13 Tahun Selamatkan 8 Nyawa Orang Melalui Tubuhnya

Bocah 13 Tahun Selamatkan 8 Nyawa

Hebat, Bocah 13 Tahun Selamatkan 8 Nyawa Orang Melalui Tubuhnya

BabeBola.net – Sebuah kisah mengharukan datang dari seorang gadis berusia 13 tahun bernama Jemima Lyzell. Ia bersedia mendonorkan beberapa organ tubuhnya untuk orang lain demi menyelamatkan nyawa mereka. Jemima mendonorkan organ tubuhnya setelah ia meninggal karena didiagnosis menderita Aneurisma otak.

Organ tubuh yang didonorkan.

Jemima meninggal di Bristol Royal Hospital for Children setelah empat  hari mengalami perawatan intensif. Sebelum meninggal, ia mengatakan bersedia untuk mendonorkan enam organnya. Yakni jantung, pankreas, usus halus, paru-paru, ginjal dan hatinya. Apa yang dilakukannya tersebut ternyata berhasil menyelamatkan nyawa delapan pasien yang sedang membutuhkan donor.

Ditransplantasikan ke beberapa orang berbeda.

Sesaat ia meninggal, enam organnya tersebut ditransplantasikan kepada delapan orang berbeda dengan rincian jantung, usus halus dan pankreas diberikan ketiga orang berbeda, hatinya dibagi dua dan dipindahkan kedua orang berbeda, sedangkan paru-parunya diberikan kepada satu orang. Menurut catatan dari NHS Blood and Transplant, apa yang dilakukan gadis berusia 13 tahun ini merupakan rekor terbanyak seseorang mendonorkan organnya kepada orang lain.

Keinginan pribadi Jemima Lyzell.

Kedua orangtua Jemima, Sophy dan Harvey Lyzell mengatakan jika mendonorkan organ tersebut adalah murni keinginan sang putri kecilnya beberapa minggu sebelum kepergiannya. Walaupun awalnya sempat menentang tegas, keduanya luluh dan membolehkan hal itu dilakukan demi memenuhi keinginan sang anak. Selain itu, keduanya juga berharap jika para pasien yang mendapatkan transplantasi dapat sembuh dan kembali lagi berkumpul bersama keluarga.

 

Sumber : IDNtimes

 

Written by 

Related posts

Leave a Comment