Search

Industri Perhiasan Sedang Melejit

Industri Perhiasan Sedang Melejit

Ilustrasi toko perhiasan (pixabay)
Industri Perhiasan Sedang Melejit

Industri perhiasan secara diam-diam sedang melejit. Industri ini terus tumbuh bahkan mencapai nilai ekspor 5 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada 2016.

Dirjen IKM Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih mengakui ini sebagai prestasi menakjubkan. “Pemerintah tidak terlalu banyak ikut turut campur tangan dalam industri jewerlly ini, tetapi industri ini terus berkembang, salah satunya ditandai nilai ekspor tinggi, yakni 3,55 miliar dolar AS di 2015 dan meningkat menjadi 5,34 miliar dolar AS di 2016,” ujar dia dalam pembukaan Jakarta International Jewerlly Fair (JIJF) 2017 di JCC, Kamis (20/4).

Melihat ini, pemerintah optimistis nilai ekspor industri bisa meningkat menjadi 7 miliar dolar AS tahun ini.”Dilihat pertumbuhannya dari 3 miliar ke 5 miliar, satu tahun naik 2 miliar dollar Amerika. Kita harapkan sama (pertumbuhannya), tahun depan bisa 7 miliar dolar AS,” tutur Gati.

Kita dukung pemasaran dalam negeri maupun luar negeri. September kami fasilitasi booth pameran di Hongkong. Hongkong kan hub untuk perdagangan untuk Asia,” kata dia.

Sekjen Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI), Iskandar Husin, menuturkan pada JIFF tahun ini sebanyak 139 pelaku usaha perhiasan dari dalam dan luar negeri berpartisipasi.

Dari jumlah itu, delapan peserta berasal dari negara, yakni Dubai, Hongkong, Thailand, Singapura, Jepang dan Srilanka.

“139 peserta pameran di JIJF tahun ini. Berbagai produk perhiasan yang ditampilkan seperti emas, perak, berlian, batu mutiara, permata dengan desain modern dari seluruh Indonesia,” tutur Iskandar yang juga merupakan ketua pelaksana JIJF 2017 dikutip media.

Berdasarkan data tahun 2015, jumlah unit industri perhiasan dan aksesoris di dalam negeri mencapai 36.636 perusahaan dengan nilai produksi sebesar Rp10,45 triliun. Sektor ini menyerap tenaga kerja sebanyak 43.348 orang dan menghasilkan devisa melalui ekspor sebesar USD3,31 miliar

 

sumber : http://www.beritaku.co.id/berita-industri-perhiasan-sedang-melejit.html

Written by 

Related posts

Leave a Comment