Search

[INFOGRAFIS] 9 Prestasi Kang Daniel Wanna One Selama 1,5 Tahun Debut

Fans KPop mana yang tak kenal dengan nama Kang Daniel. Tak salah rasanya jika menyebut juara satu program pencarian bakat Produce 101 season 2 ini sebagai pria terpopuler di Korea Selatan.

Hanya dalam kurun waktu 1,5 tahun sejak debutnya, pemuda asal Busan ini sudah berhasil mengantongi berbagai prestasi. Di usianya yang baru menginjak 22 tahun Desember ini, sudah ada segudang prestasi yang dikantongi Kang Daniel. Yuk kita cek bersama.

1. Sejak debut pada 7 Agustus 2017, ia telah menjadi ‘wajah’ untuk 28 brand berbeda

[INFOGRAFIS] 9 Prestasi Kang Daniel Wanna One Selama 1,5 Tahun Debut

Menjadi wajah atau bintang iklan untuk suatu brand tentu sangat menguntungkan. Ini menunjukkan popularitas dan potensi marketing luar biasa seorang publik figur. Belum lagi penghasilan yang didapat dari menjadi bintang iklan biasanya jauh lebih besar dari job hiburan lainnya.

Hanya dalam kurun waktu 1,5 tahun Daniel bisa menjadi wajah untuk 28 brand berbeda! Kekuatan pesonanya gak main-main. Ini dibuktikan dengan ludes terjualnya sejumah produk yang Daniel endorse hanya dalam waktu hitungan jam. Selain bersama Wanna One ada pula beberapa brand yang menunjukkan Daniel secara perorangan sebagai representasi mereka.

2. Kang Daniel juga telah menyabet lima penghargaan bergengsi dalam waktu singkat

[INFOGRAFIS] 9 Prestasi Kang Daniel Wanna One Selama 1,5 Tahun Debut

Walau baru resmi masuk dunia hiburan sejak tahun 2017, namun sejumlah penghargaan bergengsi telah diberikan kepada putra daerah Busan ini. Lima penghargaan ini belum termasuk pencapaiannya bersama grupnya Wanna One.

Selama 2017 Daniel dinobatkan sebagai Best Fashionista kategori Rising Star dari Fashionista Award. Ia juga mendapat Rookie Award kategori Variety dari SBS Entertainment Awards.

Di tahun 2018, Kang Daniel membawa pulang penghargaan dari MTN Broadcast Advertising Festival. Ia juga dilabeli sebagai Model Iklan Pria Terbaik versi Brand of the Year Awards. Tak lupa, pentolan Wanna One ini membawa pulang piala untuk Best Magazine Cover Award dari Elle Style Awards.

3. Cowok asli Busan ini menjadi artis pria pertama yang berada di cover majalah InStyle dalam 14 tahun terakhir

[INFOGRAFIS] 9 Prestasi Kang Daniel Wanna One Selama 1,5 Tahun Debut

Majalah fashion InStyle mendapuk Kang Daniel sebagai model sampul majalah mereka untuk edisi Oktober 2017. Yang spesial, Daniel adalah pria pertama yang menghiasi cover majalah fashion ternama tersebut dalam 14 tahun terakhir! Popularitasnya berhasil mematahkan tradisi yang telah berlangsung selama lebih dari satu dekade tersebut.

4. Saat isu Korea Utara vs Amerika Serikat memanas, wajahnya justru jadi sampul majalah berita Weekly Chosun

[INFOGRAFIS] 9 Prestasi Kang Daniel Wanna One Selama 1,5 Tahun Debut

Agustus 2017 jadi masa-masa pelik bagi politik bilateral antara Amerika Serikat dan Korea Utara. Saat itu Perang Dunia tampaknya bisa terjadi kapan saja. Tetapi majalah berita Korea Selatan, Weekly Chosun malah memilih Kang Daniel sebagai sampul dan cover story edisi Agustus 2017.

Ini merupakan keputusan yang begitu berani dan anti mainstream dari sebuah kantor berita. Meski begitu, Weekly Chosun bersampul wajah Daniel ini justru jadi edisi paling banyak dibeli sepanjang sejarah penerbitan majalah tersebut.

5. Kang Daniel menempati peringkat kedua “Tokoh yang Mampu Menggerakkan Korea” setelah Presiden Moon Jae In

[INFOGRAFIS] 9 Prestasi Kang Daniel Wanna One Selama 1,5 Tahun Debut

Jika ditanya tentang “siapa tokoh yang mampu menggerakkan negaramu?” wajar jika yang terlintas di pikiran kita pemimpin negara atau politikus. Tak berbeda dengan Korea Selatan. Presiden Moon Jae In menempati peringkat pertama dalam polling di sejumlah media massa.

Yang bikin kaget, peringkat keduanya kerap ditempati oleh Kang Daniel.

Program televisi TVN Problematic Men menyebut Kang Daniel ada di peringkat kedua “Tokoh yang Menggerakkan Korea Selatan di tahun 2017”. Majalah CéCi juga menyebut Daniel ada di peringkat keduaPerson of the Year 2017. Di semua rangking ini ia hanya dikalahkan oleh sang Presiden negeri gingseng, Moon Jae In.

6. Idola pertama yang berhasil menempati rangking satu Brand Reputation para selebriti Korea selama 13 bulan berturut-turut

[INFOGRAFIS] 9 Prestasi Kang Daniel Wanna One Selama 1,5 Tahun Debut

Brand Reputation ranking adalah peringkat yang menunjukkan popularitas dan kekuatan marketing seorang selebriti di Korea Selatan. Ranking ini diolah oleh Korean Business Research Institute berdasarkan sejumlah data.

Data ini meliputi reputasi di masyarakat, nilai marketing seorang publik figur di media konvensional, sampai media sosial. Berada di ranking teratas berarti jadi bintang paling dicari untuk mewakili brand-brand paling bergengsi. Dengan kata lain Kang Daniel adalah seleb paling laris manis dalam 13 bulan terakhir.

7. Namanya juga masuk ke dalam daftar “Power Leaders 2030” versi Forbes Korea

[INFOGRAFIS] 9 Prestasi Kang Daniel Wanna One Selama 1,5 Tahun Debut

Pada Januari 2018 nama Kang Daniel masuk dalam daftar tahunan Power Leaders 2030 versi Forbes Korea. Nama cowok unyu yang jago b-boy masuk dalam kategori Hiburan.

Daftar ini berisi 30 tokoh dalam rentang usia 20 sampai 39 tahun yang dianggap sebagai sosok berpotensi besar dalam bidangnya masing-masing. Untuk masuk dalam daftar ini tak mudah lho. Para tokoh tersebut dipilih oleh enam panelis ahli dalam bidang-bidang tersebut dan juga oleh jurnalis Forbes.

8. Saking populernya, Kang Daniel jadi idola pertama yang mendapat ucapan selamat ulang tahun dari Kedutaan Besar Amerika Serikat

[INFOGRAFIS] 9 Prestasi Kang Daniel Wanna One Selama 1,5 Tahun Debut

10 Desember adalah hari lahir cowok bergigi kelinci ini. Di tahun 2017, sejumlah fans merayakan ulang tahunnya dengan menyewa iklan video raksasa di Time Square, Kota New York. Ini jelas bukan hal yang mudah dan murah. Selama seminggu penuh nama dan wajah Kang Daniel terpampang di salah satu titik paling populer di seantero dunia.

Saking besarnya popularitas Kang Daniel di Amerika Serikat ini, akun Twitter resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Korea Selatan ikut menggungah cuitan dalam rangka ulang tahun cowok gagah tersebut.

9. Penggemarnya tak terbatas di kalangan remaja dan muda tetapi juga mencapai usia 30 sampai 40-an tahun

[INFOGRAFIS] 9 Prestasi Kang Daniel Wanna One Selama 1,5 Tahun Debut

Jika idola Kpop biasanya hanya menarik bagi kalangan remaja dan muda-mudi, ternyata Kang Daniel menembus pakem tersebut. Penggemarnya tak terbatas sampai di usia belasan hingga 20-an belaka, namun mencapai usia 30-an hingga 40 tahun.

Para “noona fans” ini jadi salah satu faktor pendukung besar bagi kemenangannya di Produce 101 season 2. Dalam setiap pertunjukan Wanna One hampir selalu ada wanita usia matang yang hadir bahkan bersama anak atau keluarga mereka untuk mendukung Daniel semata. Tak heran sebab fans di usia ini sudah mapan secara finansial. Pesonanya yang merupakan perpaduan pemuda innocent yang juga bisa tampil maskulin memang ampuh memikat wanita dari berbagai usia.

Itu dia 9 prestasi gemilang Kang Daniel dalam 1,5 tahun sejak debut. Meski jadi salah satu pria terpopuler di Korea Selatan, tetapi center Wanna One ini tetap rendah hati dan sopan terhadap siapa pun. Tak heran jika semakin hari semakin banyak saja fansnya, ia pun populer di kalangan publik figur lainnya. Apakah kamu juga salah satu penggemarnya?

 

 

Artikel Asli

Written by 

Related posts

Leave a Comment