Search

Inggris Siap jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Inggris Siap jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

LONDON – Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) telah mengajukan tawaran kepada FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Jika Inggris terpilih, maka akan menjadi Piala Dunia pertama di negara itu sejak 1966.

Inggris sendiri terakhir kali terpilih sebagai penyelenggara Piala Dunia pada 1966 dan berhasil menjadi kampiun ketika itu. Namun Inggris bukan satu-satunya negara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah pada hajat sepak bola empat tahunan tersebut.

Argentina, Uruguay dan Paraguay dikabarkan akan melakukan penawaran sebagai tuan rumah bersama di tahun 2030. Sedangkan negara dari benua Afrika, Maroko juga menyatakan minat dan akan mengajukan tawaran.

Sementara proposal bersama antaraTunisia dan Aljazair juga ambil bagain dalam tawaran tesrebut. Ketua FA Inggris Greg Clarke mengatakan: “Bulan lalu dewan FA Inggris setuju untuk melakukan pekerjaan kelayakan ke dalam kemungkinan menempatkan diri ke depan untuk menjadi kandidat potensial UEFA (Eropa) untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2030. Pekerjaan dan rencana  ini akan berlangsung  dan tidak ada keputusan yang akan dibuat sampai 2019,” katanya Sky Sports, Kamis (2/8/2018).

Namun jika ada tawaran dari negara UEFA lainnya seperi Iralndia Utara untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama, pemerintah Inggris akan mendukung tawaran gabungan tersebut. Dengan catatan, Inggris yang harus memegang kendali (pertandingan pembukaan dan final akan digelar di Inggris).

Keputusan akhir tentang tawar menawar pencalonan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030 akan dilakukan hingga tahun 2019. Akan ada syarat mutlak yang harus dipenuhi yakni memiliki stadion berkapasitas 30.000 penonton.

 

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment