Search

Jelang UNBK, Komputer Beberapa Sekolah di Brebes Dicuri

BABEBOLA.COM-Brebes: Seujumlah sekolah di Brebes, Jawa Tengah saat ini tengah kebingungan menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) April 2018 mendatang. Lantaran sejumlah unit komputer yang akan digunakan sebagai sarana UNBK dicuri beberapa pekan terakhir.

Beberapa sekolah tersebut adalah SMK Bhara Trikora, SMK Muhammadiyah Paguyangan, SMA Negeri 1 Bumiayu, SMA Tonjong dan kejadian terakhir di SMK Maarif Paguyangan, Senin, 12 Maret 2018 lalu.

“18 unit CPU komputer hilang dicuri, kami masih memikirkan caranya untuk pengadaan komputer lagi agar para siswa bisa mengikuti UNBK bulan April mendatang,” kata Kepala SMK Maarif Paguyangan, Mardiyanto, Sabtu, 17 Maret 2018.

Kejadian tersebut menurut Mardiyanto sudah kesekian kali dari beberapa kasus sebelumnya. Namun hingga saat ini belum pernah terungkap oleh pihak kepolisan. Kejadian itu juga telah dilaporkan ke Dinas Pendidikan Brebes dengan harapan ada perhatian.

Upaya lain agar UNBK terlaksana, ia menghimpun dana dari masyarakat atau orang tua siswa untuk membeli perangkat komputer. Selain itu bisa juga memakai komputer jinjing (laptop) milik guru yang dipinjam saat UNBK.

“Saya menduga pelakunya merupakan komplotan sindikat kasus pencurian komputer. Dari rekaman CCTV di beberapa yang mengalami kasus serupa, pelakunya hamper mirip meskipun memakai penutup wajah,” ungkap Mardiyanto.

Selain itu, modus yang digunakan juga hampir sama, yakni menerobos ke gedung sekolah melalui sisi belakang bangunan.

Terpisah Dewan Pendidikan Kabupaten Brebes meminta agar sekolah segera mencari solusi atas raibnya komputer di sejumlah sekolah. Dampak dari tindak pidana itu, lanjutnya, sekolah harus melakukan pengadaan komputer lagi lantaran waktu UNBK sudah mepet.

“Jika pengadaan komputer tidak terealisasi hingga hari H, kami mengimbau agar siswa melakukan ujian dengan menginduk ke sekolah lain yang memiliki fasilitas komputer memadai,” kata Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Brebes, Wijanarto.

Written by 

Related posts

Leave a Comment