Search

Jokowi Resmikan 4 “Venue” Olahraga GBK Senayan

BABEBOLA,Properti – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 4 venue olahraga Gelora Bung Karno (GBK) yaitu Kolam Renang Aquatic, Lapangan Panahan, Sepak Bola A/B/C, dan Hoki I.

Keempat venue tersebut telah rampung direnovasi. Proses renovasi ini dilakukan dalam rangka menjelang kegiatan Asian Games 2018.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmaanirahiim, Lapangan Hoki, Lapangan Panahan, Lapangan Bola ABC di kawasan GBK siang hari ini saya nyatakan diresmikan,” ujar Jokowi, Sabtu (2/12/2017).

Keseluruhan rehabilitasi venues di GBK, Jakabaring, Palembang dan 10 menara rumah susun (rusun) Kemayoran menghabiskan dana Rp 6,2 triliun. Sedangkan 4 venue yang diresmikan, renovasinya bernilai Rp 370 miliar.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan renovasi selesai bertahap sampai akhir Desember 2017.

Adapun venue Lapangan Hoki Gelora Bung Karno memenuhi persyaratan penyelenggaraan olahraga internasional yang disyaratkan oleh organisasi induk cabang olahraga pasca dikeluarkannya Sertifikat oleh International Hockey Federation (FIH) tertanggal 17 Mei 2017. Sertifikat ini berlaku selama 3 tahun dan akan ditinjau ulang pada tahun 2020.

Sementara Lapangan Sepak Bola ABC terdiri dari 3 unit lapangan yakni 2 buah lapangan dengan menggunakan rumput natural dengan jenis Zoysia Japonica (lapangan A) dan Zoysia Matrella (lapangan B) yang merupakan jenis rumput khas Indonesia yang dikembangkan di Solo oleh ahli bidang perumputan.

Sedangkan Lapangan C menggunakan rumput sintetis. Spesifikasi lapangan ini telah mengacu pada standar kualitas dari Federation International Football Association (FIFA).

Selanjutnya, Stadion Renang memiliki luas area 21.200 meter persegi dengan kapasitas 7.150 kursi. Renovasinya dilakukan PT Waskita Karya (Persero).

Terakhir, Lapangan Panahan yang memiliki luas area 12.142 meter persegi kapasitasnya sebanyak 112 kursi.

 

 

sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment