Search

Kebiasaan Salah Kaprah yang Wajib Kamu Ketahui

BABEBOLA.NET-kehidupan sehari-hari ternyata banyak sekali kebiasaan masyarakat yang keliru. Mereka menilai bahwa kebiasaannya itu adalah sesuatu yang benar. Berikut ini kebiasaan-kebiasaan umum yang ternyata salah kaprah, apa saja?

1. Memakan buah sesudah makan atau di saat mau makan 


Buah-buahan hampir seluruhnya mengandung gula. Karena itu tubuh membutuhkan waktu lama mencernanya. Jadi apabila kita memakan buah-buahan setelah makan, maka tubuh akan membutuhkan waktu sangat lama mencerna sehingga akan banyak nutrisi penting bagi tubuh terbuang. Dianjurkan untuk memakan buah >30 menit sebelum makan agar tidak ada gizi terbuang percuma.

2. Meminum teh saat/setelah makan 


Meminum teh setelah makan akan mengurangi daya serap tubuh terhadap zat besi yang ada di makanan. Dianjurkan bagi Anda untuk meminum teh 1 jam atau lebih setelah makan.

3. Menggosok gigi setelah makan saat bangun pagi hari 


Menurut penelitian, menggosok gigi sebelum makan sebenarnya lebih sehat untuk kesehatan gigi dibanding menggosok gigi setelah makan khususnya di pagi hari setelah bangun tidur. Mengapa? Hal ini dikarenakan saat semalaman kita tertidur, pH atau tingkat keasaman di mulut memiliki tingkat pH normal. Karenanya dianjurkan menggosok gigi terlebih dahulu setelah bangun tidur karena jika kita makan terlebih dahulu, maka pH atau tingkat keasaman yang ada di dalam mulut akan berubah menjadi lebih asam.

4. Ngemil di malam hari 


Jika kita makan atau ngemil di malam hari, ini akan mengganggu jam biologis tubuh kita yang akan berdampak mengganggu proses metabolisme tubuh. Hal ini akan menyebabkan kecenderungan penimbunan lemak di dalam tubuh dan mengganggu daya ingat otak dan kemampuan kognitif kita.

5. Menaruh ponsel di saku celana 


Kebiasaan ini memiliki dampak yang mungkin bisa fatal bagi kesehatan tubuh, khususnya pada laki-laki. Menaruh ponsel di saku celana dapat menimbulkan kemandulan karena energi radiasi ponsel mampu membunuh ratusan ribu sel sperma kita dalam beberapa detik saja. Dengan hal ini, maka akan memunculkan potensi kemandulan.

6. Meniup makanan atau minuman 


Saat kita meniup makanan/minuman, maka akan terjadi pembentukan senyawa asam karbonat. Dan dengan kita makan/minum zat tersebut setelah kita meniup, maka asam karbonat akan membuat tubuh menjadi lebih asam. Nafas akan terengah-engah karena tubuh melakukan penyesuaian asam. Jika kebiasaan ini berlangsung terus menerus, maka tubuh akan kelelahan untuk menyeimbangkan keasaman di tubuh kita.

 

 

 

sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment