Search

Kebutuhan Tenaga Kerja Tak Berkurang Karena Kehadiran Robot

BABEBOLA – Country Manager JobStreet.com, Faridah Lim, mengatakan perkembangan teknologi robotik dalam dunia industri belum memberikan dampak signifikan terhadap tergerusnya tenaga kerja manusia. Namun, hal tersebut tetap bukan tanpa tantangan.

“Teknologi robotik kalau saya lihat belum secara signifikan memberi impact. Sisi perusahaan apa akan mengurangi (tenaga kerja manusia). Tidak akan secara signifikan pengurangan tenaga kerja. Tetap butuh orang untuk mengoperasikan,” kata dia, di Jakarta, Kamis (13/12).

Dia mengatakan perkembangan teknologi akibat merambahnya era digital justru menciptakan lebih banyak posisi dan lowongan pekerjaan. “Dengan teknologi ini, bidang spesialisasi itu semakin banyak posisi makin aneh-aneh itu efek dari perkembangan teknologi itu. Lowongan semakin banyak dan semakin variatif,” jelas dia.

Perkembangan teknologi yang diiringi makin spesifiknya posisi yang dibutuhkan dunia kerja mengharuskan pencari kerja untuk terus meningkatkan kemampuannya agar bisa bersaing dengan yang lain.

“Terjadi pergeseran tren. Misalnya posisi marketing, dari dulu dia hanya bikin event, sekarang promosi digital bukan lagi lewat brosur. Pergeseran skill,” ungkap Faridah.

“Pencari tenaga kerja harus semakin kompetitif. Harus semakin mampu meningkatkan skillnya. Banyak yang tidak upgrade diri, wah kerja di sini enak, di situ enak. Perusahaan dengan nama-nama besar menjadi daya tarik, tapi juga mencari orang yang memenuhi (kriteria perusahaan),” tandas dia.

 

 

 

SUMBER

 

 

Written by 

Related posts

Leave a Comment