Search

Kelompok Pemantau Suriah Benarkan Kematian Bos ISIS

BabeBola.net  –DAMASKUS – Kelompok pemantau Suriah, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, pihaknya telah mengkonfirmasi mengenai informasi kematian pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. Informasi mengenai kematian Baghdadi disampaikan oleh sumber ISIS.

“Kami telah mengkonfirmasi informasi dari para pemimpin, termasuk salah satu pejabat tinggi seorang warga Suriah yang berbasis di pedesaan timur Deir al-Zor,” kata pemimpin observatori, Rami Abdulrahman seperti dilansir Reuters pada Selasa (11/7).

Sebelumnya, ISIS mengkonfirmasi pemimpin kelompok itu, Abu Bakr al-Baghdadi, telah tewas. Begitu laporan saluran TV Al Sumaria mengutip sumber di Provinsi Nineveh, Irak.

Menurut sumber tersebut, ISIS mengeluarkan sebuah pernyataan singkat, di mana mereka melaporkan kematian pemimpin mereka, Abu Bakr al-Baghdadi serta nama “khalifah baru”.

Pada tanggal 16 Juni, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, al-Baghdadi kemungkinan telah tewas dalam sebuah serangan Angkatan Udara Rusia terhadap sebuah pos komando militan di pinggiran selatan kota Raqqa pada akhir Mei. Pihak Rusia mencatat, bahwa dalam proses mengkonfirmasikan informasi itu melalui berbagai saluran.

Abu Bakr al-Baghdadi sendiri belum pernah terdengar kabarnya sejak akhir 2016 lalu. Pemimpin ISIS ini hanya pernah muncul dalam video, berbicara dengan para pendukung di sebuah masjid yang menjadi ikon di jantung Mosul, Masjid al-Nouri.

Kemunculannya itu terjadi pada tahun 2014, saat Baghdadi mendirikan kekhalifahan Muslim dan memproklamirkan dirinya sendiri sebagai khalifah.

SUMBER : INTERNATIONALNEWS.COM

Written by 

Related posts

Leave a Comment