Search

Kenapa Luis Milla Tak Panggil Ezra Walian?

Babebola.com – Pelatih Luis Milla telah menentukan 22 pemain yang akan memperkuat tim nasional Indonesia pada laga uji coba melawan Kamboja dan Puerto Riko pada Juni 2017.

Dari 22 pemain tersebut, Milla tidak memanggil Ezra Walian. Keputusan Milla ini cukup mengejutkan karena pemain berusia 19 tahun tersebut mengikuti pemusatan latihan di Bali pada 22 Mei hingga 27 Mei 2017.

Ezra tampil sebagai starter saat beruji coba melawan Persewangi di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Rabu (24/5/2017).

Pada laga tersebut, Ezra digantikan Yabes Roni pada babak kedua. Yabes pula yang menjadi pencetak gol kemenangan timnas atas Persewangi.

Saat lawan Bali United pada Jumat (26/5/2017), Ezra dimainkan pada babak kedua. Mantan penyerang Jong Ajax tersebut tidak mencetak gol dan timnas kalah dengan skor 0-1.

Lalu, kenapa Milla tidak memanggil Ezra untuk dua laga uji coba pada bulan Juni?

“Luis Milla minta dia untuk fokus mencari klub baru,” kata Wakil Kepala Departemen Timnas, Fanny Riawan.

Timnas U-22 Dapat Pelajaran Dari Bali United, Ini Kata Luis Milla

Terkait klub, ayah Ezra, Glenn Walian, menjelaskan bahwa ada tiga klub Liga Inggris yang tertarik mendatangkan Ezra.

“Satu klub dari Premier League. Sisanya dari divisi kedua Liga Inggris. Awal Juli, kami akan finalisasi negosiasi,” kata Glenn Kamis (25/5/2017).

Berselang beberapa hari, Glenn kembali menjelaskan bahwa Ezra telah mendapatkan tawaran untuk trial dari salah satu klub.

“Setelah mendapatkan informasi, saya akan memberi tahu Anda,” ujar Glenn.

Ezra cukup selektif dalam menentukan klub baru. Glenn ingin klub tersebut memberikan jaminan tampil bagi Ezra.

Demi kesempatan tampil tersebut, Glenn menjelaskan bahwa tak masalah apabila Ezra tampil di tim U-23.

Glenn mengatakan, klub tersebut setidaknya bisa memberikan jaminan tampil pada Ezra dalam 20 hingga 25 laga per musim.

“Di Inggris atau Belanda, sebuah klub bertanding selama 35 kali dalam satu musim. Setiap pekannya, mereka melakoni satu atau bahkan dua laga,” kata Glenn.

“Apabila bisa bermain antara 20 sampai 25 pertandingan, itu bagus bagi dia. Terpenting, klub memainkan dia,” tuturnya.

Ezra memang harus bergerak cepat mendapatkan klub mengingat pramusim biasanya digelar awal Juli 2017.

Selain tak memanggil Ezra, Milla juga membuat kejutan dengan tidak memanggil gelandang berpengalaman, Evan Dimas, serta dua bek tangguh, Hansamu Yama dan Putu Gede.

Pemain timnas Indonesia, Evan Dimas berebut bola dengan pemain timnas Myanmar, Thet Naing saat pertandingan persahabatan Indonesia melawan Myanmar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/3/2017). Indonesia kalah 1-3 melawan Myanmar. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO(KRISTIANTO PURNOMO)

Ketiga pemain ini selalu rutin dipanggil untuk lima laga uji coba sebelumnya, yakni melawan Myanmar, Persija Jakarta, Persita Tangerang, Persewangi, dan Bali United.

“Saya kurang paham, itu pilihan pelatih Luis Milla. Yang jelas, untuk TC Kualifikasi Asia dan SEA Games, Evan, Hansamu, dan Putu dipanggil lagi,” kata Wakil Kepala Departemen Timnas, Fanny Riawan, saat ditanya Kompas.com perihal tidak memanggil tiga pemain tersebut.

Sebagai pengganti mereka, Milla memanggil lima pemain senior, yakni Kurnia Meiga, Fachruddin, Irfan Bachdim, Bayu Pradana, dan Stefano Lilipaly.

Kecuali Bachdim, empat pemain yang dipanggil Milla merupakan tulang punggung timnas pada Piala AFF 2016.

Timnas dijadwalkan terlebih dulu bertandang ke markas Kamboja pada 8 Juni. Setelah itu, pasukan Luis Milla akan menjamu Puerto Riko di Stadion Maguwoharjo pada 13 Juni.

 

 

sumber : kompas.com

Written by 

Related posts

Leave a Comment