Search

Kim Jong-il Berfoto dengan Bom Atom?

BABEBOLA– Kabar Korea Utara (Korut) mengembangkan bom atom seiring proyek nuklir bergulir di negara itu berhembus telah lama. Kini dugaan itu menguat setelah munculnya sebuah foto yang menunjukkan Kim Jong-il tengah memeriksa bom atom pertama negara itu.

Foto mantan pemimpin Korut itu muncul dalam sebuah rekaman buletin berita tentang konferensi industri senjata dan amunisi. Laporan tentang konferensi yang berlangsung pada 12 Desember lalu di Ibu Kota Pyongyang itu pun membuat para pengamat Korut terkejut dengan penampilan gambar di aula konferensi.

Foto tersebut, yang tidak pernah terekspos di Barat, hanya terlihat beberapa detik saat kamera menyorot lokasi konferensi industri, yang dihadiri oleh Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un, putra almarhum Kim Jong-il. Foto ini tergantung di antara foto lainnya yang menunjukkan “prestasi” Korut dalam produksi senjata, di samping model skala rudal balistik.

Karena penampilan sekilas dari kejauhan, para ahli berkeyakinan jika perangkat tersebut adalah bom atom. Tapi foto tersebut memiliki kemiripan dengan foto Kim Jong-un yang baru-baru ini tengah memeriksa bom hidrogen pertama di negara itu.

Gambar di dinding itu menunjukkan Kim Jong-il, yang meninggal enam tahun yang lalu minggu ini, memeriksa sejenis bola besar saat berada di sebuah perusahaan.

Tidak ada gambar yang tersedia untuk umum dari almarhum Kim, yang dikenal di tanah airnya sebagai “Bintang Cemerlang”, melihat senjata nuklir, namun beberapa manipulasi foto menunjukkan hal ini dapat terjadi dalam kasus ini.

Ini pertama kali ditemukan oleh pengguna Twitter dengan akun @xutianran pada tanggal 12 Desember, yang bertanya: “Apakah ini bom A atau sth [sesuatu]?”, seperti dilansir dari BBC, Kamis (14/12/2017).

Sebuah pertanyaan yang membuat rekan-rekan pengamat Korut mencoba untuk membuat identifikasi positif. Pakar kontrol senjata AS Jeffrey Lewis hanya mentweet: “Ini adalah foto yang kita semua mengerlingkan mata.”

Jika itu adalah gambaran asli almarhum Jong-il, maka mungkin akan ada tanggal baik tahun 2006 atau 2009, ketika Korut melakukan uji coba nuklir. Ada kemungkinan bola dunia itu adalah maket, karena tidak ada catatan ilmuwan yang dapat membuat miniatur perangkat nuklir pada saat itu.

Namun, ini bukan kali pertama Korut “secara tidak sengaja” memberikan informasi mengejutkan di latar belakang laporan beritanya.

Pada bulan Agustus, negara tersebut mengungkapkan rencana untuk jenis rudal balistik yang tidak diketahui sebelumnya saat mereka terlihat di tangga dinding selama liputan kunjungan Kim Jong-un ke fasilitas pertahanan.

Written by 

Related posts

Leave a Comment