Search

Kisah Kiwil Jadi Pendakwah Usai Berhijrah

 BABEBOLA – Komedian Wildan Delta alias Kiwil belakangan mendalami ilmu Islam di sela-sela kesibukan syuting. Malah, Kiwil pernah beberapa kali berdakwah di beberapa pengajian.

“Lebih sering ke dakwah aja. Jadi intinya saya dakwah juga sambil ngaji, ngaji diri sendiri. Tapi, nggak meninggalkan dunia entertainmen,” ujar Kiwil di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (12/2/2018).

Kiwil belum meninggalkan dunia entertaimen yang melambungkan namanya atas pesan dari seorang Kyai. Bahklan, sang ulama meminta Kiwil menjadikan panggung hiburan sebagai ladang dakwah.

“Kemarin juga sempet dari Kyai ngasih tahu jangan meninggalkan yang dulu, jangan ditinggal. Kalau bisa jadikan dunia entertain ladang dakwah,” ucapnya.

Pesan sang Kyai, kata Kiwil, sudah dilakukan. Salah satunya mengajak teman-teman sesama komedian untuk menyampaikan materi komedi secara santun.

“Sekarang Kiwil banyak mengajarkan pada teman-teman untuk melawak dengan baik. Nggak mentang-mentang ngikutin zaman, akhlak diubah. Justru, sekarang saya ngajarin gimana cara lawak yang baik, boleh bicara soal fisik tapi secara halus,” tuturnya.

Komedian Kiwil. [suara.com/Wahyu]

Kiwil mencontohkan saat mencela orang di ata spanggung, namun dengan cara yanng baik.

“Bisa aja gini, ‘lo kayak temen gue, orangnya ganteng,’ dia jawab, ‘oh, terima kasih,’ bilang lagi, ‘tapi kemaren ketabrak mobil.’ Nah, seperti itu kan gantengnya tetep dapet walaupun endingnya dia ketabrak, ya itu takdir. Jadi, lebih santun. Angkat dulu jangan langsung cela. Karena metode lawak itu harus ada basa basinya, ngga langsung,” katanya.

Written by 

Related posts