Search

Kisah Kunjungan Mendadak 7 Menit Obama ke SDN Menteng 01

Kisah Kunjungan Mendadak 7 Menit Obama ke SDN Menteng 01

 

BabeBola.net, Jakarta – Dalam kunjungannya ke Indonesia, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyempatkan bernostalgia dengan mengunjungi tempatnya bersekolah dulu, yakni SDN Menteng 01, pada 1 Juli 2017.

“Dia kesini memang ingin melihat sekolahan, bernostalgia dengan anak-anaknya di tempat dia bersekolah dulu di sini,” ujar Kepala SDN Menteng 01 Jakarta, Edi Kusyanto kepada Liputan6.com, Selasa (4/7/2017).

Meski dadakan dan tak mendapat informasi pasti, pihak sekolah telah bersiap-siap menyambut kedatangan Obama. Total, terdapat delapan mobil yang mengantarkan Obama dan rombongan ke sekolah yang terletak di Jl. Besuki itu.

“Tapi memang sangat ketat, yang masuk pun dibatasi, kita sebagai kepala sekolah, guru, orang tua murid, anak-anak, di pagar luar. Jadi diseleksi betul yang masuk,” kata Edi.

Menurut keterangan Edi, dalam kunjungannya tersebut Barack Obama mengajak dua anaknya Sasha dan Maya, satu keponakan, dan adik iparnya yang merupakan suami saudara tirinya, Maya Soetoro.

Pria kelahiran 4 Agustus 1961 yang akrab dipanggil Barry itu, juga didampingi oleh seorang gurunya yang bernama Efendi serta enam teman dekatnya semasa bersekolah dalam kunjungan yang berlangsung sekitar tujuh menit itu.

“Kira-kira tujuh menit, sebentar, masuk dengan sangat ketat, terus dia langsung ke bangsal, lihat ke bangsal dan ke kelas III, karena di sana banyak foto-fotonya, lukisan-lukisannya, balik ke bangsal, di sana dia nulis agenda di buku tamu kita,” jelas Edi soal kunjungan singkat Obama itu.

“Di depan dia langsung foto-foto bersama gurunya di Patung Obama,” imbuh dia.

Patung Obama yang terbuat dari perunggu itu tadinya di tempatnya di Taman Menteng. Namun pada akhirnya, patung yang dibuat pada 2010 tersebut dipindahkan ke SDN Menteng 01 yang dirasa lebih sesuai.

Barack Obama kecil, pindah ke Jakarta pada usia enam tahun, yakni saat sang ibu Ann Dunham menikah dengan seorang pria Indonesia, Lolo Soetoro. Mereka pun pindah ke Jakarta, ke Menteng Dalam, yang kemudian menjadi kampung halaman keduanya saat belia.

Sebelum bersekolah di SDN Menteng 01 — kelas tiga dan beberapa bulan saat kelas empat — Obama sempat menuntut ilmu di Sekolah Santo Fransiskus Asisi.

Barack Obama tak lama berada di Indonesia. Ia kembali ke Hawaii dan tinggal bersama kakek dan neneknya.

 

 

Sumber : Liputan6.com

Written by 

Related posts

Leave a Comment