Search

Kominfo Diminta Segera Buat Aturan Perusahaan Aplikasi

BabeBola.com – Jakarta, Para pelaku transportasi online meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika segera mengeluarkan aturan baru untuk perusahaan aplikasi transportasi.

Aturan baru ini diharapkan mampu mendukung Permenhub 108 yang mengatur pengoperasian transportasi online.

Christiansen, Ketua Asosiasi Driver Online (ADO) mengatakan, saat ini masih banyak perusahaan yang belum menerapkan aturan tarif batas bawah.

“Yang terjadi perusahaan tetap menetapkan tarif murah secara jor joran. Dengan berkedok promosi. Selain itu masih ada juga perusahaan aplikasi yang terus saja merekrut driver, padahal seharushya hal ini tidak lagi dilakukan,” kata dia, belum lama ini.

Padahal kata dia, seharusnya begitu Permen 108 diberlakukan, Kominfo sebagai instansi yang memayungi perusahaan aplikasi jasa transportasi tersebut harusnya sudah siap dengan aturan yang mencakup pengawasan berikut sanksi-sanksinya.

Hal lain kata Christiansen, masih belum adanya perlindungan terhadap pengemudi baik saat bekerja maupun terhadap sanksi yang diberikan perusahaan aplikasi yang sepiha.

Sementara itu pengamat transportasi dari UGM Lilik Wachid Budi Susilo mengatakan perlu edukasi bagi driver bagai mana menjalankan bisnis ini.

Sehab menurut dia hampir keseluruhan driver online tidak memahmi resiko yang dibebankan kepada pengemudi yang pada perusahaan taksi resmi menjadi tanggung jawab perusahaan, misalnya biaya investasi beli kendaraan, KIR, service, onderdil, biaya penyusutan, cicilan mobil, kebersihan, dan juga kebutuhan anggaran untuk membeli kendaraan lagi pada saat misalnya kendaraan yang sudah berusia 5 tahun.

“ Selain itu, lanjut dia, bila hanya dengan punya satu kendaraan, usaha ini tidak akan bisa masuk skala bisnis, sehingga pasti ada banyak hal yang akan dikorbankan atau di abaikan.

 

 

 

 

 

 

SUMBER

Written by 

Related posts

Leave a Comment