Search

Komodo, Hewan Prasejarah yang Tak Suka Berpetualang

BABEBOLA – Komodo adalah hewan asli Indonesia yang sudah terkenal di seluruh penjuru dunia dan berhasil mendatangkan potensi pariwisata yang luar biasa bagi negara kita.

Namun tahukah Anda bahwa adanya komodo di Pulau Komodo karena si kadal raksasa yang digadang-gadang merupakan hewan dari masa prasejarah ini tidak suka berpetualang. Para ilmuwan yang meneliti keberadaan Komodo, berkesimpulan bahwa hewan ini “jago kandang.”

Melansir The New York Times, para ilmuwan dari Deakins University di Australia yang selama berdekade meneliti komodo di 4 pulau yang jadi habitatnya, menyebut bahwa Komodo sama sekali tak pernah meninggalkan lembah di mana mereka lahir. Padahal, hewan ini memiliki kapabilitas luar biasa dalam memanjat, berenang, bahkan lari. Ilmuwan bahkan menyebut bahwa Komodo punya kemampuan untuk menyebar ke penjuru daerah lain, namun mereka tak mau.

Ilmuwan membuktikannya. Para ilmuwan mencoba memindahkan 7 ekor komodo dewasa ke tempat yang bukan daerah teritorinya. Beberapa dipindahkan puluhan kilometer namun dalam satu pulau. Bahkan beberapa komodo dipindahkan ke luar pulau habitat mereka. Hasilnya? Mereka bisa pulang dalam rata-rata 4 bulan. Jadi, mereka punya kemampuan untuk berpetualang.

Bukan Berasal Dari Indonesia

Uniknya, para ilmuwan menyebut bahwa Komodo tidak berasal dari daerah yang kini kita kenal sebagai kepulauan Komodo. Para ilmuwan juga menggarisbawahi soal bagaimana Komodo datang ke kepulauan Komodo dengan upaya menakjubkan dan kemampuan bertahan hidup yang luar biasa, namun generasi berikutnya justru jago kandang.

“Sekali Komodo datang di suatu pulau, terlepas dari prestasi luar biasa dalam perjalanan mereka, mereka memutuskan kalau sudah cukup (tak ingin berpetualang lagi),” ungkap Tim Jessop, profesor ekologi di Deakins University.

Hal ini menghasilkan keturunan Komodo yang tidak pernah lagi meninggalkan Kepulauan Komodo, yang oleh sang profesor mungkin disebabkan karena sudah muak berpetualang.

Bagaimana tidak, Komodo secara sah telah ditetapkan oleh para ilmuwan berasal dari negara tetangga kita di selatan, Australia.

Arkeolog memperkirakan kalau Komodo 5 meter seperti yang kita temui di Indonesia dulu hidup di Australia pada 4 juta tahun lalu. Lalu mereka bermigrasi ke daerah Flores sekitar 900.000 tahun lalu. Migrasi ini terjadi diperkirakan karena iklim yang terlalu ekstrem perubahannya bagi Komodo.

Hal ini dikarenakan ditemukan banyak fosil yang identik dengan milik Komodo di negeri Kanguru tersebut. Migrasi yang tidak terlihat mudah ini juga terbukti dari ditemukannya fosil komodo di pulau Timor.

 

 

SUMBER

 

Written by 

Related posts

Leave a Comment