Search

Korsel Borong Rudal dan Pesawat Tempur Senilai Miliaran Dolar AS

BabeBola.com – Pemerintah Korea Selatan telah sepakat untuk membeli persenjataan dari Amerika Serikat senilai miliaran dolar AS.

Persenjataan tersebut disebut akan digunakan untuk memperkuat pertahanan guna menghadapi ancaman serangan nuklir dari Korea Utara.

Kesepakatan pembelian senjata tersebut diungkapkan Presiden AS Donald Trump, Selasa (7/11/2017) saat kunjungannya ke Korea Selatan.

Trump, usai bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, menambahkan AS telah setuju untuk mencabut batas berat hulu ledak yang akan digunakan untuk rudal Korea Selatan.

Dikatakan Trump, persenjataan yang akan dibeli Korea Selatan meliputi pesawat, rudal maupun bentuk persenjataan lainnya.

“Korea Selatan akan memesan miliaran dolar perlengkapan yang bagi mereka masuk akal dan bagi kami itu pekerjaan, sekaligus mengurangi defisit perdagangan antar-kedua negara,” kata Trump dilansir AFP.

Pernyataan Trump itu telah dikonfirmasi Presiden Moon Jae-in yang menyebut pembelian tersebut sebagai hal yang penting.

Di bawah kesepakatan rudal antara AS dengan Korea Selatan, awalnya Seoul hanya diizinkan mengembangkan hulu ledak untuk rudal balistiknya seberat 500 kilogram.

Namun dengan adanya potensi ancaman nuklir dari Korea Selatan, kedua negara akhirnya sepakat untuk mencabut batasan tersebut.

“Kami juga menegaskan kembali pendirian kami untuk memberikan sanksi maksimal kepada Korea Utara sampai ada perundingan yang sebenarnya,” kata Moon.

Trump tiba di Seoul pada Selasa (7/11/2017) dalam kunjungan selama dua hari dalam tur Asia-nya.

Korea Selatan sebagai negara sekutu di Asia, menjadi tempat bagi 28.500 tentara AS.

 

 

 

 

 

SUMBER

Written by 

Related posts

Leave a Comment