Search

Kronologi Meledaknya Kapal Dishub DKI di Kepulauan Seribu

BABEBOLA.COM – Kapal milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta meledak di perairan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu. Kapal ini diketahui mengangkut peserta Gerebek Sampah dari Unit Pengelola (UP) Perparkiran.

Menurut Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Victor Siagian, kapal milik Dishub itu biasa digunakan untuk mengangkut siswa sekolah. Saat kapal hendak kembali ke Pulau Pramuka, kapal tiba-tiba meledak.

“Sekitar pukul 10.20 WIB, kapal tersebut hendak kembali ke Pulau Pramuka setelah mengantar penumpang ke Pulau Panggang. Tiba-tiba kapal mengalami ledakan di bagian mesin,” kata AKBP Victor Siagian kepada kumparan (kumparan.com), Minggu (22/4).

Sedangkan menurut Wakadishub DKI Sigit Wijatmoko, rombongan yang mengikuti acara Gerebek Sampah berjumlah 47 orang. Saat terjadi ledakan, masih terdapat beberapa penumpang yang baru akan bersiap menaiki kapal.

“Lima dari penumpang terkena langsung ledakan dan mengakibatkan luka bakar akibat uap panas mesin (dan tidak ada api),” ujar Sigit kepada kumparan.

Kapal Dishub meledak di Kepulauan Seribu. (Foto: Dok. Damkar Jakarta Utara)

Berikut kronologis kejadian:

Sabtu (21/4) pukul 06.30 WIB

Rombongan UP Perpakiran berkumpul di Dermaga 22 Marina Ancol dengan tujuan Pulau Pramuka.

Minggu (22/4) pukul 09.00 WIB

Rombongan berlayar menuju Pulau Panggang untuk melangsungkan kegiatan Gerebek Sampah. Selama kurang lebih 15 menit mereka berada di pulau tersebut. Mereka kemudian kembali ke Pulau Pramuka dengan menggunakan kapal sekolah.

Pukul 10.20 WIB

Sesaat sebelum kembali ke Jakarta, rombongan secara bergantian memasuki kapal. Sebagian pegawai sudah masuk ke dalam kapal, sedangkan sebagian masih menunggu di luar. Mesin kapal kemudian dihidupkan oleh petugas, namun selang 5-10 detik kemudian terjadi ledakan dari bagian belakang kapal yang menjadi tempat masuknya penumpang.

Saat meledak ada sekitar 8 penumpang yang berada di bagian belakang bersiap masuk ke ruang kabin, 5 dari penumpang terkena langsung ledakan dan mengakibatkan luka bakar akibat uap panas mesin, tidak ada api.

“Saat ini korban dirawat di RSUD Pulau Pramuka,” kata Sigit di akhir.

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment