Search

Main Mobile Legends, Ini 4 Hal Wajib agar Tidak Berantem dalam Tim

BABEBOLA-Gim besutan Moonton ini memang sedang menjadi gim mobile paling populer di kalangan pencinta gim Indonesia. Mulai dari orang dewasa sampai anak-anak kecanduan main gim ini.

Gim dengan nama lengkap Mobile Legends Bang Bang ini merupakan gim bergenre multiplayer online battle arena (MOBA) yang dapat dimainkan dengan menggunakan mobileseperti smartphone. Gamplay-nya adalah 2 tim yang masing-masing terdiri dari 5 pemain dengan tujuan menghancurkan markas lawan lebih dahulu.

Namun untuk sampai ke markas, Anda harus menghancurkan barisan pertahanannya terlebih dahulu. Barisan pertahanan tersebut terdiri dari turretminion, dan 5 pemain yang menjadi lawan Anda.

Sesuai namanya, multiplayer online, gim ini dimainkan bersama-sama dengan para pemain lainnya secara real time. 5 pemain pada tim Anda, dan 5 pemain pada tim musuh. Gim ini memang memungkinkan Anda untuk bermain satu tim dengan teman-teman Anda, tetapi Anda juga bisa dipasangkan secara otomatis dengan pemain lainnya yang tidak Anda kenal.

Satu hal penting pada gim ini adalah kerja sama tim. Sayangnya ketika dipasangkan dengan pemain yang tidak Anda kenal, yang tidak Anda ketahui siapa orangnya dan bagaimana gaya permainannya, sering kali menyebabkan terjadinya perpecahan bahkan sampai pertengkaran dalam tim tersebut.

Tentu saja kerja sama tim Anda menjadi berantakan. Tidak jarang sepanjang permainan, tim Anda akan sibuk balas-balas komentar dan saling menyalahkan satu sama lain.

Nah agar tidak terjadi hal demikian, setidak-tidaknya setiap pemain Mobile Legends harus punya 4 hal ini:

Koneksi internet yang aman

Sehebat apa pun Anda dalam bermain MOBA, Anda tidak akan bisa bermain dengan koneksi internet yang buruk atau bahkan Anda tidak akan bisa bermain sama sekali. Untuk itu sebelum bermain pastikan Anda memiliki koneksi internet yang aman.

Untuk Anda yang bermain menggunakan paket data menggunakan provider telepon seluler, pastikan juga masa aktif dan kuota paket data Anda mencukupi. Apabila aman, silakan langsung bermain. Namun kalau tidak, Anda tidak perlu khawatir. Karena dimulai dari Tokopedia, Anda beli paket internet Telkomsel dan provider lainnya langsung dari ponsel Anda.

Kerja sama tim di atas segalanya

Sehebat apa pun kemampuan individu Anda, tetap saja Anda tidak akan bisa menang jika bermain sendiri. Ingat, ini adalah gim 5 vs 5. Karena itu jangan protes kalau Anda dikeroyok lawan.

Selalu perhatikan peta dan aba-aba dari tim Anda. Mulai dari meminta bantuan, ajakan untuk kumpul, menyerang, bertahan, menciduk lawan, sampai kabur.

Pahami peran Anda dalam tim

Mobile Legends sendiri membagi hero yang dapat Anda pilih menjadi 6 tipe, yaitu Assasin, Fighter, Mage, Marksman, Support, dan Tank. Setiap tipe punya karakteristiknya masing-masing.

Assasin sama Mage sama-sama punya damage yang besar dari awal permainan. Namun dari sisi health, keduanya sama-sama tipis sehingga gampang mati apabila di serang. Assasin memiliki movement speed yang tinggi, tetapi mereka harus berada di jarak yang sangat dekat agar bisa menyerang musuh.  Berbeda dengan Mage yang movement speed yang lebih lambat namun bisa menyerang dari jarak jauh.

Peran Assasin sama Mage dalam tim biasanya menghabisi damage dealer tim lawan. Baik ketika team fight ataupun sendiri-sendiri. Pada strategi split push, Assasin dengan movement speed yang tinggi biasanya juga memiliki peran sebagai “pencuri” Turret.

Selanjutnya, Tank memiliki health paling tebal namun damage-nya kecil. Kemudian Fighter memiliki damage yang kuat mesti tidak sebesar Assasin dan Mage, juga memiliki health yang bagus meski tidak setebal Tank. Dua tipe ini biasanya mempunyai peran sebagai inisiator serangan.

Kemudian dua tipe sisanya adalah Marksman dan Support. Dua tipe ini bisa dibilang sebagai penentu kemenangan ketika team fight. Marksman pada late game memiliki damage yang luar biasa besar. Namun health-nya yang luar biasa tipis membuat harus selalu berada di jarak aman.

Sedangkan support harus selalu ada ketika team fight, karena  memang itulah gunanya.

Kuasai beragam hero dan beragam peran

Pembagian peran dan komposisi tim merupakan hal yang mutlak diperlukan untuk memenangkan team fight dan permainan. Kalau Anda hanya menguasai sedikit hero dan sedikit peran, Anda akan kesulitan berbagi peran ketika bermain dengan tim yang tidak dikenal.

Tidak hanya itu, pada level tinggi yang menggunakan sistem draft pick dan hero banning, Anda akan semakin kesulitan ketika hero yang Anda kuasai telah lebih dulu dipilih atau di ban lawan.

Karena itu, Anda harus memiliki dan menguasai beragam pilihan hero dengan berbagai tipe. Untuk memilikinya Anda bisa menggunakan battle point ataupun menggunakan diamond.

Battle point bisa Anda dapatkan sedikit demi sedikit dari pertandingan yang Anda menangkan. Sedangkan untuk diamond, anda bisa membelinya dengan melakukan top up Mobile Legends di Tokopedia. Situs belanja online ini menyediakan berbagai pilihan top up diamond dengan harga yang menarik untuk Anda yang ingin melengkapi koleksi Hero Mobile Legends.

Bermainlah dengan positif

Terakhir, bermainlah dengan positif. Tahan diri untuk tidak menggunakan perkataan yang bisa menyinggung pemain lainnya. Ingat, ini adalah permainan tim. Sehebat apapun Anda, tanpa tim yang baik anda tidak akan bisa memenangkan permainan.

Selamat bermain.

 

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment