Search

Masjid Kembaran Taj Mahal ala Indonesia di Jakarta Utara

masjid-taj-mahal-indonesia

Jakarta – Bagi yang liburan panjang di akhir pekan nanti cuma di Jakarta, manfaatkan waktu untuk berkunjung ke Masjid Ramlie Musofa. Inilah kembaran Taj Mahal!

Traveler yang punya waktu senggang selepas menggunakan hak pilihnya di Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua, bisa melipir ke sekitar Danau Sunter. Di sana berdiri gagah bangunan berwarna putih yang serupa Taj Mahal di India.

 

Bangunan tersebut ternyata adalah Masjid Ramlie Musofa. Masjid ini tengah populer beberapa waktu ke belakang ini. detikTravel pun pernah berkunjung ke masjid megah ini beberapa waktu yang lalu.

Masjid Ramlie Musofa beralamat di Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I/10 No 12 C-14 A, Sunter, Jakarta Utara. Letaknya cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi. Jika dirasa kurang jelas, bisa bertanya kepada warga sekitar, pasti akan ditunjukkan jalannya.

Namun perlu diperhatikan ruas jalan yang hanya cukup untuk 2 lajur, sehingga kepadatan tidak terhindarkan. Apalagi bila hari libur, banyak pengunjung yang ingin mampir ke masjid cantik ini.

Dari segi arsitektur, Masjid Ramlie Musofa tampak megah jika dilihat dari luar. Melangkah ke dalam, kemegahannya makin kentara dengan berbagai ornamen penghias yang semakin menambah kesan indah dan mewah.

Masjid bergaya Taj Mahal di Sunter yang dibangun oleh seorang mualaf keturunan tionghoa

Pilar-pilar masjid berwarna putih tinggi menjulang. Ditutup dengan kubah putih berhiaskan tulisan kaligrafi, semakin menguatkan kesan megah. Karpet hijau nan empuk semakin membuat wisatawan nyaman untuk beribadah.

Sejarahnya, Masjid Ramlie Musofa ini dibangun oleh seorang mualaf yang berdarah Tionghoa. Masjid dibangun pada tahun 2011, dan diresmikan pada 15 Mei 2016 silam.

Oleh sebab itu, wajar bila aksen mandarin banyak ditemukan di masjid ini. Nama masjid bahkan tertera dalam bahasa Mandarin, selain dalam bahasa Arab tentunya.

Di halaman masjid, traveler bisa menemukan penggalan Surat Al Qariah yang tertulis dalam 3 bahasa, yaitu Arab, Indonesia, dan juga Mandarin. Selain itu, di bagian sisi kanan dan kiri tangga, tertera pula penggalan Surat Al Fathihah yang juga ditulis dalam 3 bahasa.

masjid-taj-mahal-indonesia

Traveler yang ingin berwisata religi, bisa mampir ke Masjid Ramlie Musofa. Traveler bisa salat, dan mengagumi keindahan arsitektur masjid yang didominasi warna putih.

Berkunjung ke Masjid Ramlie Musofa niscaya akan meneduhkan hati yang sedang panas akibat suhu pilkada yang tengah meningkat. Ada baiknya meluangkan waktu untuk mengingat kebesaran Tuhan, dan sedikit melupakan urusan duniawi yang tiada habisnya.

Written by 

Related posts

Leave a Comment