Search

Masuk Lima Besar Survei CSIS, Perindo Dinilai Kian Diperhitungkan

JAKARTA – Hasil survei yang dilakukan Center for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan elektabilitas Partai Perindo pada peringkat lima setelah PDIP, Golkar, Demokrat dan Gerindra.

Pakar komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menyebut Perindo adalah partai politik (parpol) baru yang patut diperhitungkan.

“Hasil survei CSIS sore tadi menunjukkan keberadaan Partai Perindo diterima publik,” ujar Hendri saat dihubungi, Jumat (3/11/2017).

Untuk diketahui, survei oleh CSIS dilakukan pada 23-30 Agustus 2017 menggunakan 600 sampel yang dipilih acak (multistage random sampling) dari 34 provinsi di Indonesia.

Responden yang diambil adalah generasi milenial, masyarakat Indonesia berusia 17-29 yang memiliki hak pilih di Pemilu.

Sementara untuk margin of error survei ini sebesar +/- 4%. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dan quality control-nya 20% sampel melalui spot check dan 50% diverifikasi via telepon.

Hendri menilai Perindo sebagai parpol baru memiliki dua keistimewaan dibandingkan parpol baru lain. Perindo dinilainya cakap melakukan komunikasi publik yang konsisten dan mengusung kebaruan yang total.

“Artinya, walaupun misalnya Perindo saat ini mendukung Jokowi, tapi Perindo ini memiliki karakter sendiri yang sudah dibangunnya sejak pertama muncul,” ujar Hendri.

Menurut dia, Hary Tanoesoedibjo (HT) sebagai pendiri Perindo juga semakin diperhitungkan elektabilitasnya meskipun masih di bawah Presiden Jokowi. “Nah, ini bisa menjadi momentum bagi parpol baru berpeluang untuk meraih kemenangan,” ucap Hendri.

Hendri mengatakan, parpol baru sebelum memiliki elektabilitas tinggi, minimal bisa populer dahulu. Perindo telah melakukan langkah tepat sejak pertama muncul melalui berbagai program yang pada akhirnya kini benar-benar dikenal masyarakat.

“Dari hasil ini nantinya tidak menutup kemungkinan bisa terus naik, dan akan berpeluang untuk tokoh-tokoh Perindo terutama HT bisa melesat ke atas,” tuturnya.

 

 

 

sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment